Habib Mustafa bin Saggaf Aljufri Merindukan Negeri Datuknya

Habib Mustafa bin Saggaf Aljufri Merindukan Negeri Datuknya

Palu- Wartakiat| Habib Mustafa bin Saggaf Aljufri (Guru Mbaso), memendam hasrat dan kerinduan dengan negeri Yaman, negeri para Waliyullah, negeri asal datuknya habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Guru Mbaso ingin belajar langsung di negeri tanah para Waliyullah, tanahnya para ulama besar dan kampungnya Dzuriyyah Rasul atau keturunan Rasulullah. Hal tersebut dikarenakan anak cucu dan keturunan Rasulullah paling banyak tinggal di negara itu. Pendiri Alkhairaat, habib Idrus bin Salim Aljufri salah satu diantaranya.

Pantaslah jika habib Mustafa, salah satu putera almagfurlah habib Saggaf bin Muhammad Aljufri yang kini berusia 19 tahun memendam kerinduan untuk datang belajar disana dan bertemu dengan ulama besar yang dirindukannya habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz di Tarim Hadhramaut

Kerinduannya bertemu dengan ulama besar dunia era modern itu sering ia ungkapkan disetiap kesempatan. Baru-baru ini, hasrat itu kembali ia lontarkan dihadapan pamannya, habib Ali bin Muhammad Aljufri, saat tahlil malam kelima habib Shaleh bin Muhammad Aljufri di kediamannya.

“Insya Allah mohon doanya, saya akan berangkat ke Tarim Hadrhamaut Yaman Selatan, saya mau bertemu langsung habib Umar bin Hafidz untuk belajar disana,” katanya bersemangat.

Dikutip dari idntimes.com, nama resmi negeri Yaman  adalah Republik Yaman, merupakan salah satu negara Semenanjung Arab yang terletak di Asia Barat, bagian dari Timur Tengah. Memiliki luas wilayah sekitar 527.970 kilometer persegi menjadikan Yaman sebagai negara terbesar ke-49 di dunia.

Yaman berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah utara, Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, serta Oman di sebelah timur.

Datuk Habib Mustafa atau kakek dari almarhum ayahnya, Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman, 15 Maret 1892 – meninggal di Palu, Sulawesi Tengah, 22 Desember 1969 pada usia 77 tahun, merupakan tokoh pejuang di Provinsi Sulawesi Tengah dalam bidang pendidikan agama Islam, sepanjang hidupnya, ulama yang akrab disapa Guru Tua ini dikenal sebagai sosok yang cinta ilmu. Tak hanya untuk diri sendiri, ilmu itu ia tularkan kepada orang lain. Salah satu wujud cintanya pada ilmu adalah didirikannya lembaga pendidikan l Alkhairaat sebagai sumbangsih nyata Guru Tua kepada agama islam.

Negeri Yaman,  salah satu negeri yang Allah berkahi dan muliakan diantara negeri-negeri lainnya di dunia ini, (setelah Makkah dan Madinah). Penduduknya adalah orang-orang yang lembut hatinya, santun tutur katanya, dan cepat menerima kebenaran.

Penulis: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.