Talenta Unggul Lahir dari Ekosistem yang Mendukung

Talenta Unggul Lahir dari Ekosistem yang Mendukung

Jakarta-Penyiapan sumber daya manusia unggul menjadi visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo. “Untuk menciptakan SDM unggul perlu disediakan ekosistem yang sesuai untuk tumbuh dan berkembang,” jelas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko pada Kamis (19/9) di Bogor, Jawa Barat.

Handoko menjelaskan, ekosistem tersebut mesti terbuka bagi semua pihak untuk berinteraksi yang bermuara pada peningkatan produktivitas dan efisiensi. “LIPI sebagai pelaksana tugas pemerintah dalam bidang penelitian dan ilmu pengetahuan berupaya menciptakan ekosistem riset untuk menciptakan sumber daya manusia unggul peneliti dan pendukung penelitian,” ujar Handoko.

Dirinya menerangkan, beberapa upaya penciptaan ekosistem riset yang dilakukan LIPI antara lain program pascasarjana by research, program post-doctoral, infrastruktur terbuka untuk semua kalangan, pelibatan sektor industri dalam kegiatan riset, juga deregulasi dan debirokratisasi.

Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries menjelaskan, eksosistem riset ini nantinya  dapat menjalankan fungsi rekrutmen, pengembangan, dan penciptaan sosok-sosok SDM unggul yang dapat mendorong penciptaan inovasi.

Sementara Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono menjelaskan skema rekrutmen SDM unggul ini juga akan mencari sosok-sosok yang peneliti berprestasi yang belum mendapatkan fungsional peneliti karena persoalan administrasi. “Mereka sebenarnya punya potensi namun karena hanya persoalan administrasi mereka terganjal untuk punya fungsional peneliti,” tutup Agus. (fz) (sumber : lipi.go.id)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares