Empat Dosen Unisa Hadiri TOT BKD di Makassar

Empat Dosen Unisa Hadiri TOT BKD di Makassar

Palu-Empat Dosen Universitas Alkhairaat (Unisa), yakni Dr. Umar Alatas, Dr. Aris Aksarah, Dr. H. Kasman Jaya dan Dr. Arfan mengikuti Training of Trainer (TOT), Pelaporan Beban kerja Dosen (BKD), yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo bekerjasama dengan Universitas Fajar (Unifa) Makassar.

Dr. Arfan yang dihubungi dari Palu, Senin, (11/11), mengatakan, Training of Trainer Asesor BKD diikuti 106 peserta dari 41 Perguruan Tinggi Wilayah Sulawesi dan Gorontalo.

Kepala LLDIKTI yang diwakili Sekretaris Pelaksana H. Andi Lukman mengapresiasi Universitas Fajar yang melaksanakan TOT BKD bagi 41 Perguruan Tinggi di wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

Sespel Andi Lukman, seperti dituturkan Arfan kembali mengingatkan pimpinan Perguruan Tinggi terkait surat edaran LLDIKTI tanggal 31 Juli 2019, yang menyebutkan, dosen yang tidak memiliki Jabatan Akademik/Fungsional dan pendidikan minimal strata dua (S2), tidak lagi diperkenankan mengajar.

“Program utama LLDIKTI saat ini adalah pengembangan SDM dan peningkatan jabatan fungsional dosen,” jelasnya.

Menurutnya, seorang dosen dituntut kreatif untuk mengembangkan diri. Salah satu instrumennya adalah Beban Kerja Dosen (BKD).

Ia melanjutkan, BKD adalah kewajiban dan kebutuhan dosen dan perguruan tinggi, sistem ini dirancang untuk mengevaluasi dosen dan perguruan tinggi dengan luaran yang berkualitas.

Training of Trainer BKD itu menghadirkan pemateri Prof. Dr M.Kus Suharno. Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Deputi Universitas Fajar.

Rektor UNIFA Mulyadi Hamid, mengaku bersyukur mendapatkan kesempatan dan kepercayaan dari LLDIKTI untuk menjadi tuan rumah penyelenggara TOT BKD bagi dosen diwilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

“Unifa melihat ini sebagai peluang, langsung berinisiatif untuk melaksanakan TOT BKD. Tidak ada yang istimewa, semua diberi kesempatan, hanya saja Unifa yang menangkap peluang ini,” katanya.

Arfan mengatakan, TOT BKD dibagi tiga sesi yakni, penyamaan persepsi, assesmen dan evalusi BKD dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dan Implementasi BKD. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares