Abdul Gafar Mallo, Memaknai Pesan Pada Pedang Rasullullah SAW

Abdul Gafar Mallo, Memaknai Pesan Pada Pedang Rasullullah SAW

Palu-wartakiat| Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. H. Abdul Gafar Mallo mengatakan ada lima pesan moral yang tertulis dipedang milik Rasulullah SAW yang biasa digunakan Baginda dimedan Jihad.

” Lima pesan moral yang tersirat dari tulisan dipegang Rasullullah itu mengandung makna yang mendalam dalam kehidupan sosial masyaraka kita saat ini,” ungkap Ustadz Abdul Gafar Mallo saat mengisi tausyiah halal bi halal virtual keluarga besar Unisa,Rabu, (27/5).

Ustadz Abdul Gafar Mallo mengatakan, lima pesan yang tersirat dari kalimat yang tertulis dipedang Rasullullah itu yang pertama adalah, maafkanlah orang-orang yang berbuat zalim kepadamu, selanjutnya, hubungkanlah silaturahim terhadap orang-orang yang memutuskanmu.

Mantan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan era Dr. Lukman S. Thahir itu melanjutkan, yang ketiga adalah berbuat baiklah kepada orang yang telah berbuat buruk kepadamu serta katakanlah yang benar walau terhadap dirimu sendiri.

” Yang terakhir, janganlah berkata tentang sesuatu yang engkau sendiri tidak menyukainya, bila hal yang sama dikembalikan kepadamu, jadi kalau kita tidak mau dikatai sesuatu yang tidak baik oleh orang lain kepada diri kita, maka kita jangan mengatakan hal yang sama pada orang lain,” kata ustadz Gafar.

Sementara itu, Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas dihadapan seluruh sivitas akademika Unisa yang mengikuti acara halal bi halal secara virtual atau online itu mengatakan, Ramadhan dan hari raya idul Fitri ditengah pandemi Covid-19 telah banyak memberikan pelajaran bagi seluruh elemen masyarakat termasuk sivitas akademika Universitas Alkhairaat.

” Pandemi Covid-19 ini telah mengajarkan banyak hal kepada kita untuk lebih kuat, seperti tema halal bi halal kita hari ini, “Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah ditengah Pandemi Covid-19,” kata Rektor Umar Alatas.

Rektor juga mengatakan, puasa Ramadhan ditengah pandemi Covid-19 juga telah mampu meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan bersedekah dan lain sebagainya.

Rektor berharap, semangat Ramadhan tetap terjaga untuk memelihara dan membentengi diri dari sikap yang kurang terpuji, lebih perhatian terhadap sesama, khususnya dalam lingkungan Universitas Alkhairaat.

” Esensi puasa yang telah kita lewati diharapkan memberikan spirit, pengendalian diri yang kuat, membersihkan hati, kita jangan sampai menodai kesucian idul Fitri dengan sikap dan perilaku yang kurang baik,” katanya.

Rektor Umar Alatas juga berpesan agar tetap menjaga dan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja memberikan yang terbaik untuk lembaganya.

” Melalui kesempatan ini atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf kepada bapak/ibu dosen dan pegawai Unisa atas segala salah dan khilaf baik sebagai Rektor maupun sebagai pribadi, mungkin ada terselip canda, ucapan atau laku tutur yang kurang berkenan, mohon dimaafkan, minal aidin walfaidzin,” kata Rektor.

Hal senada juga diungkapkan oleh ketua Senat Universitas Alkhairaat, Dr. Ir. Aris Aksarah dalam pengantar iftitahnya mengawali halal bi halal virtual.
” Selaku Ketua Senat dan Ketua Panitia Milad Unisa, saya yakin banyak salah kepada bapak/ibu sekalian, dengan segala kerendahan hati, saya atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya, mohon maaf lahir dan bathin, taqabballaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim,” ucapnya.

Acara halal bi halal virtual keluarga besar Unisa juga dilanjutkan dengan salam silaturrahim dari para pimpinan mulai dari Wakil Rektor bidang Akademik, Fachrudin A. Yahya, Wakil Rektor bidang Keuangan, Marjun, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr.Ahmadan, Ketua LPPM, Abdul Kadir Alkaf, Ketua LPM, Idrus M.Said, dosen senior, Dr.H. Kasman Jaya Saad.

Para pimpinan Fakultas diawali oleh Dekan Fakultas Sastra, Syamsuddin, Dekan Fakultas Ekonomi, Abdul Rahman Assegaf, Dekan Fakultas Pertanian, Dr.Hj.Hasmari M.Noer, Dekan FKIP, Idrus bin Hadi Aljufri, Dekan Fakultas Perikanan, diwakili Wakil Dekan bidang Akademik, Sony Lahati dan Dekan Fakultas Kedokteran dr.H.A.Mukramin Amran.

Acara ini juga dihadiri salah seorang alumni Unisa yang saat ini sebagai Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Poso, Ibrahim Ahmad Harun dan mahasiswa Unisa.

 

(rl)

naqo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares