Lisa Indriani Bangkele Sukses Raih Gelar Doktor ditengah Pandemi Covid-19

Lisa Indriani Bangkele Sukses Raih Gelar Doktor ditengah Pandemi Covid-19

Palu-wartakiat| Lisa Indriani Bangkele, Dosen Yayasan Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Alkhairaat (Unisa), berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Pertanian pada Program Pascasarjana Universitas Tadulako (Untad), Senin, ( 18/5).
Lisa Indriani yang dihubungi media ini, Kamis, (21/5) mengatakan, kesuksesan gelar akademik yang diraihnya itu tidak diraih dengan mudah, melalui perjuangan panjang dan melelahkan. ditambah lagi pelaksanaan sidang ujian terbuka digelar secara daring atau online ditengah wabah pandemic Covid-19.
“Alhamdulillah saya diberikan seorang suami yang sangat sabar dan anak yang menjadi motivator saya hingga saya sampai pada titik ini, juga doa dan support dari keluarga, sejawat dan pimpinan saya di kampus, pak Rektor, Dr. Umar Alatas, ibu Dekan, Dr. Hj.Hasmari Noer, Ketua Senat, Dr. Aris Aksarah, Dr. Ir. Kasman Jaya, Dr. Ir Ratnawati, Dr. Arfan, Dr. Jumardin dan semuanya yang tidak sempat saya sebutkan satu persatu,” sebutnya.
Pada sidang Promosi Doktor yang berlangsung secara virtual itu, Lisa berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul, Biokimiawi Rizosfer dan Akuisisi Nitrogen Bibit Rotan yang Ditumbuhkan pada Rizoboks dan Non Rizoboks. Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Tadulako yang mengantongi stambuk E 203 14 010 berhasil meyakinkan penguji eksternal Dr.Ir Bunga Elim Somba beserta penguji lainnya bahwa perlakuan N (Urea, N-ZA dan Bokashi) pada bibit rotan menurunkan pH rizosfer. Implikasinya adalah, media tanah yang digunakan untuk pembibitan rotan harus netral untuk mencegah penurunan pH disekitar rizosfer akibat penggunaan pupuk N, Urea dan N-ZA dan Bokashi. Selain itu, pemberian bokashi meningkatkan respirasi mikroorganisme di rizosfer. Implikasinya meningkatkan efisiensi akuisi N dan biomassa tajuk bibit rotan.
Selain mendapat banyak pujian dari tim penguji, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian itu juga mendapatkan banyak masukan dari tim penguji terkait dengan perbaikan dan pengembangan hasil risetnya itu.
Pada Pelaksanaan ujian promosi Doktor secara virtual itu, Lisa Indriani memilih tempat diruang ujian Sarjana Fakultas Pertanian Unisa. Turut hadir, Rektor Unisa Dr. Umar Alatas, Ketua Senat Universitas, Dr. Ir. Aris Aksarah, Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Hasmari Noer, wakil Dekan I, Dr. Arfan, wakil Dekan II,Sayani, Ketua Prodi Agroteknologi Dr. Jumardin dan Ketua Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP), Asrawaty serta sejumlah dosen Faperta Unisa.
Lisa Indriani Bangkele resmi menyandang gelar Doktor didepan namanya berkat arahan Promotor dan Ko Promotor yang tak kenal lelah membimbing dan mengarahkannya yakni, Prof.Dr. Ir. Muhammad Basir,SE.,MS. ASEAN Eng., Prof. Dr. Andi Tanra Tellu, Dr. Ir. Aiyen Tjoa, M.Agr.Sc. serta tim penguji Prof.Dr. H. Alam Anshary,M.Si., ASEAN Eng, Ir. Uswah Hasanah, M.Agr,Sc.,Ph.D, Dr.Isrun, S.P.,M.P dan Prof. Dr. Ir. Made Antara,M.P.

 

(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *