Majelis Ta’lim Kowunat Nuur Sa’adah Unisa Terbentuk, Ini Amanah Rektor

Majelis Ta’lim Kowunat Nuur Sa’adah Unisa Terbentuk, Ini Amanah Rektor

Palu-wartakiat| Korps Wanita Universitas Alkhairaat (Kowunat), dibawah kepemimpinan Rektor Dr.Umar Alatas kini kembali eksis, pengurus organisasi wanita para istri pejabat, dosen dan pegawai Unisa itu mendirikan majelis ta’lim yang diberi nama “Nuur Sa’adah” yang berarti cahaya kebahagiaan.

Sy.Rugaiyah Alhabsyi, Ketua Kowunat sekaligus sebagai pimpinan majelis ta’lim mengatakan, keberadaan majelis ini setidaknya dapat memberikan pemahaman keislaman, khususnya, bagi dosen, pegawai wanita dan istri para pejabat, dosen dan pegawai dilingkungan Unisa.

Istri Rektor ini berharap, semua pengurus maupun yang tidak masuk dalam struktur kepengurusan agar terlibat aktif dalam majelis yang dijadwalkan dilaksanakan setiap bulan pada pekan kedua.

“Majelis Ilmu ini insya Allah sangat besar manfaatnya, selain kita mendapatkan ilmu agama, seperti fiqhi wanita dan lain sebagainya, perkumpulan seperti ini juga dihadiri oleh para malaikat Allah,”ujarnya.

Rektor Unisa, Dr.Umar Alatas, yang juga hadir saat pembentukan Majelis Ta’lim Nuur Sa’adah di aula Fakultas Agama Islam, Jumat sore, (14/8) mengucapkan selamat kepada pengurus baru Kowunat Unisa periode 2020-2024 dan pembukaan Majelis Ta”lim Kowunat Nuur Sa’adah.

Rektor berharap, peran perempuan Unisa tidak sekedar hanya menjadi seorang istri, tapi lebih dari itu. Karena peran perempuan kata Rektor, sangat strategis dalam berbangsa dan bernegara.

Terkait dengan hal itu, Rektor menyentil hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya, perempuan itu adalah tiang negara, jika perempuannya baik, maka negaranya akan baik. Begitu juga sebaliknya, jika perempuanya tidak baik maka negara itu akan hancur.

Rektor juga menekankan pada pengurus agar fokus menata hati dan menjernihkan pikiran khususnya  dalam pergaulan sehari-hari.

“Jadi pesan saya, majelis ta’lim ini diluangkan waktunya, selain menjadi wadah silaturrahim, juga buat program kajian keislaman yang outputnya hati kita makin tertata dan pikiran makin jernih. Sehingga sampai dirumah hati makin tenang. Saya juga berpesan, agar kajiannya tidak menyimpang dari khittah pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri, Ahlussunah Wajamaah,” pesan Rektor mengingatkan.

Selain kegiatan keagamaan, kedepan, kata Rektor, Kowunat juga bisa bersinergi dengan kegiatan pusat studi wanita serta kegiatan-kegiatan Universitas dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan itu, Rektor, Umar Alatas, menyerahkan buku kumpulan bacaan majelis ta’lim yang diterima langsung Ketua Kowunat sekaligus pimpinan Majelis Ta’lim Nuur Sa’adah, Sy.Rugaiyah Alhabsyi.

“Harapan saya, ini dibaca setiap pertemuan dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari,” tutupnya.(rl)

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares