Hadirkan Guru Besar UNY, Fekon Unisa Sukses Gelar Webinar Nasional

Hadirkan Guru Besar UNY, Fekon Unisa Sukses Gelar Webinar Nasional

Palu-wartakiat | Masa pandemi Covid-19, benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu. Fakultas yang kini dipimpin talenta muda Abd. Rahman Assegaf ini sukses tiga kali menggelar kegiatan ilmiah dalam jaringan (Webinar) Nasional.

Dekan Fakultas Ekonomi Unisa, Abd. Rahman, S.E., M.M. pada wartakiat, Ahad, (13/9), mengatakan tiga webinar berskala Nasional yang diselenggarakan dimasa pandemi Covid-19 berhasil memecahkan rekor di Unisa dengan peserta terbanyak yang hampir mencapai lima ratus peserta.

Dekan muda yang belum genap satu bulan dilantik itu mengatakan, webinar series Metode Penelitian dan Webinar bersama Bursa Efek Indonesia tercatat paling banyak diminati termasuk dosen dan peneliti dari Jawa hingga luar negeri.

“Webinar series pertama diselenggarakan tanggal 25 Juli 2020 dihadiri kurang lebih 400 peserta dan webinar series kedua diselenggarakan tanggal 12 September 2020 dengan kuota peserta terpaksa kami batasi, karena peserta yang berminat membludak,”ungkapnya.

Membludaknya peserta kata Abd.Rahman lebih disebabkan karena daya tarik dan reputasi pemateri yang dihadirkan memiliki segudang prestasi dalam dunia pendidikan, penulis buku terbanyak, pernah meraih sejumlah rekor MURI dalam bidang pendidikan sosial dan budaya. Selain itu Profesor Sugiyono, M.Pd. juga dikenal sebagai salah seorang asesor BAN-PT dan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada kesempatan itu Profesor Sugiyono memaparkan pohon Ilmu penelitian, antara lain, pertama, need to know, hasil penelitian digunakan untuk mengembangkan ilmu. Kedua, need to do, hasil penelitian digunakan untuk mengembangkan produk atau suatu metode kerja dan need to choose, membuat keputusan, membuat kebijakan untuk melakukan evaluasi.

Selain itu, Fekon Unisa juga sukses menggelar webinar Nasional bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) yang selenggarakan tanggal 13 Agustus 2020, menghadirkan pakar ekonomi dari BEI, Deri Yustria, S.E., MBA.

Output dari webinar Nasional itu lanjut Abd. Rahman Fekon bersama BEI telah melahirkan Memorandum of Understanding (MOU), yang telah ditandatangani bersama.

“Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut dalam waktu dekat ini, Insya Allah  akan dibuka galeri investasi di Fakultas Ekonomi, galeri ini bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap mahasiswa tentang Pengetahuan Pasar Modal, pengetahuan jenis instrumen Investasi, pengetahuan tingkat keuntungan investasi, Pengetahuan tingkat risiko investasi dan pengetahuan dasar penilaian saham,”jelasnya.

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dalam waktu dekat ini dengan Universitas Negeri Yogyakarta dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Prof. Sugiyono dalam hal kerjasama antar perguruan tinggi, beliau sangat merespon demi pengembangan perguruan tinggi, khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi,”katanya.

Ketua panitia webinar Nasional, Nanang Qosim menambahkan, Fakultas akan kembali mengagendakan webinar Nasional menghadirkan akademisi dan pengusaha yang bisa memberikan edukasi, berbagi pengalaman dalam bidang ekonomi.

“Harapan saya, dengan diselenggarakannya kegiatan ilmiah secara virtual bisa memberikan manfaat bagi seluruh akademisi muda di Indonesia dalam mempertajam pemahaman tentang metode penelitian dan pemahaman investasi konvensional dan investasi syari’ah yang nantinya akan diaplikasikan di perguruan tinggi masing-masing,”pungkasnya.

naqo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares