HPA Nggawia Gandeng Puskesmas Tombiano Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

HPA Nggawia Gandeng Puskesmas Tombiano Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

Touna-Wartakiat.ComΙ Pengurus Ranting Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA), desa Nggawia kecamatan Tojo Barat sukses melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada seratus warga  masyarakat desa Nggawia, dari seratus lima puluh peserta  yang ditargetkan. HPA Nggawia menggandeng Puskesmas Tombiano mensukseskan hajatan ini  bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu Penyakit tidak Menular (PTM), di  Puskesmas Tombiano kecamatan Tojo Barat. Penyakit yang diperiksakan yakni, kolestrol, asam urat dan gula darah. Selasa, (21/9).

Pelaksanaan dimulai  pukul 08.30, selesai pukul 11.00 wita, berlangsung lancar dan aman dengan  mematuhi protokol kesehatan yang menjadi prosedur wajib bagi seluruh masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua HPA Ranting desa  Nggawia mengungkapkan, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis itu mengusung tema “Memberilan Pelayanan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat desa Nggawia ditengah Pandemi Covid- 19”. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui penyakitnya, khususnya, kolesterol, asam urat dan gula darah.  Masyarakat  juga kata Rasyid juga diberikan pemahaman tentang pola hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta beristirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat.

Pada kesempatan itu, Rasyid yang juga Sarjana Pertanian itu, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu merumuskan dan menjalankan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Tim Posyandu PTM Puskesmas Tombiano, terutama Pemerintah Desa Nggawia yang telah mensuport dan mengapresiasi kegiatan ini sejak dari perencanaannya, juga kepada masyarakat yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan ini,”katanya.

Dia menilai, selama ini masih banyak masyarakat yang enggan memeriksakan jenis penyakit yang dideritanya,khususnya tiga penyakit diatas  karena harus merogoh kantongnya hingga puluhan ribu rupiah. Itulah salah satu alasan digelarnya kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian sebagai anak kepada saudara, dan orang tua.

Usai pemeriksaan kesehatan gratis, masyarakat juga mendapatkan obat di pos pelayanan kesehatan desa Nggawia secara gratis.

Sofyan L Tarima, Kepala desa Nggawia sangat mengapresiasi, dan mendukung kegiatan yang telah  dilakukan oleh pengurus dan anggota HPA itu. Kedepan, Pemerintah Desa akan mndorong dan membantu kegiatan donor darah yang telah direncanakan oleh HPA desa Nggawia dengan membangun komunikasi yang baik dengan dinas terkait. Pemdes juga kata Sofyan, mendorong organisasi kepemudaan di desa Nggawia, khususnya HPA, karena pemuda menjadi lokomotif yang  membantu mensukseskan pembangunan sumber daya manusia di desa Nggawia.

Laporan: Akmal Palindo

 

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *