Tekun dan Ulet Raih Gelar Doktor Sarpika Datumula Diapresiasi Professor UNHAS

Tekun dan Ulet Raih Gelar Doktor Sarpika Datumula Diapresiasi Professor UNHAS

Palu-Wartakiat ΙDosen Fakultas Agama Islam (FAI), Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga, Universitas Alkhairaat (UNISA), Sarpika Datumula berhasil menyelesaikan studi doktoral bidang ilmu hukum di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar tepat waktu, tepatmya 2 tahun 11 bulan. Berkat ketekunan dan keuletan ibu tiga anak ini, ia mendapatkan apresiasi dari penguji eksternal dari Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS), Prof. Dr. H. Aminuddin Salle,S.H., M.H.

Pujian itu dilontarkan Prof. Aminuddin Salle saat bertindak selaku penguji eksternal pada sidang promosi doktor Sarfika Datumula, Jumat, (15/7) di ruang Ujian Gedung PPs-UMI, Jalan Urip Sumoharjo nomor 225 Makassar.

Menariknya, Prof Aminuddin dikenal irit memberikan apresiasi pada promovendus, namun kali ini, istri tercinta Syaifullah M.S ,dosen UIN Datokarama itu mendapatkan apresiasi berkat penampillannya yang tenang,ia berhasil meyakinkan para penguji dengan judul disertasi “Hakikat Penangguhan Pembagian Harta Warisan dan Dampaknya bagi Relasi Kekerabatan (Studi Kasus pada Masyarakat Kabupaten Sigi).

Apresiasi yang sama juga datang dari Ketua Prodi Pascasarjana Ilmu Hukum UMI Makassar, Prof Dr H Syahruddin Nawi, S.H., M.H. Menurutnya, pencapaian Dr Sarpika, menjadi contoh bagi yang lain, ia seorang dosen, ibu rumah tangga meninggalkan keluarga di Palu, mampu menyelesaikan studi doktoral tepat waktu, ini pencapaian yang sangat luar biasa. Hanya bisa diraih dengan keuletan dan kesungguhan.

Dalam merengkuh gelar doktor ini, Sarpika dibimbing oleh Promotor, Prof Dr H Sufirman Rahman,S.H., M.H, Dr Ilhan Abbas,S.H.,M,H dan Dr. Hj Sri Lestari Poernomo, S.H.,M.H. dengan tim penguji penguji, Prof Dr H Syahruddin Nawi,S.H.,M.H, Dr. H. Askari Razak, S.H.,M.H, Dr Hasbuddin Khalid, S.H.,M.H, Dr.H. Abdul Qahar,S.H.,M.H, Prof.Dr.H. Aminuddin Salle,S. H.,M.H dan Prof.Dr. H. Baso Amang,S.E.,M.Si.

Turut hadir menyaksikan sidang promosi Dr Sarpika Datumula di UMI Makassar, Rektor Universitas Alkhairaat (UNISA), Dr Umar Alatas, S.Pi.,M.Si, Ketua Senat Universitas, Dr Ir Aris Aksarah, M.P, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr Ahmadan B. Lamuri, S.Ag.,M.H.I serta para dosen FAI dan keluarga tercinta.

Selamat Dr Sarfika Datumula, S.Ag.,M.H.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.