Selamat, Tujuh Dosen Universitas Alkhairaat Lulus Sertifikasi Dosen Sesi-1 Tahun 2022

Selamat, Tujuh Dosen Universitas Alkhairaat Lulus Sertifikasi Dosen Sesi-1 Tahun 2022

Palu-WartakiatΙPrestasi membanggakan kembali ditorehkan dosen oleh para dosen di lingkungan Universitas Alkhairaat (UNISA), Palu. Tujuh dosennya dinyatakan lulus dalam seleksi sertifikasi dosen (serdos) sesi-1 tahun 2022. Ketujuh dosen yang lulus di sesi-1 tersebut yakni, Idrus Aljufri, S.H, M.Pd, Dekan FKIP UNISA. Syamsuddin, S.S, M.Si, Dekan Fakultas Sastra.  dr.Wijoyo Halim, Sp.S, M.Kes, Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran. Spetriani, S.TP, M.Sc, Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian. Al-Afandi, S.Pd, M.Pd, Wakil Dekan 1 FKIP UNISA. Siti Hadija Alaydrus, S.Pd, M.Si, Wakil Dekan 2 FKIP UNISA  dan Nasim Taha, S.Pd, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNISA.

Informasi kelulusan tujuh dosen tersebut diketahui dari laman sister.kemendikbud.go.id tanggal 10-11 Agustus 2022. Untuk diketahui, sebelum dinyatakan lulus, mereka bersama ribuan dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia harus melewati tiga tahapan seleksi yang dimulai sejak tanggal 16 Juni 2022. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Sistem Informasi (BAAK-SI), UNISA , Dr Ifa’ll,S.TP.,M.Si. Menurutnya, informasi kelulusan itu diumumkan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi atau PTPS yang ditunjuk oleh Kemendikbud Ristek. Ia meminta dosen yang dinyatakan lulus tersebut untuk mempersiapkan sejumlah dokumen yang akan dikirim ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XVI di Gorontalo.

“Hari Rabu kemarin itu baru 3 orang yang lulus yakni, Syamsuddin, dengan PTPS Universitas Airlangga, Siti Hadija Alaydrus, PTPS Universitas Jember dan Wijoyo Halim, Universitas Airlangga. Sehari kemudian menyusul 4 orang lagi yang dinyatakan lulus, yakni, Idrus, PTPS penilai, Universitas Negeri Padang, Al-Afandi, PTPS Universitas Pendidikan Indonesia, Nasim Taha, PTPS Universitas Pendidikan Ganesha dan Spetriani dengan PTPS penilai Universitas Lampung,”katat Dr If’a’ll pada media ini, Kamis, (11/8).

Rektor Universitas Alkhairaat Palu, Dr Umar Alatas, S.Pi, M.Si, mengaku turut senang dan bangga dengan lulusnya tujuh dosen Universitas Alkhairaat dalam seleksi sertifikasi dosen sesi-1  tahun 2022. Menurut rektor, keberhasilan yang dicapai dosen tersebut tentunya membawa dampak positif bagi Universitas Alkhairaat Palu. Terlebih kepada dosennya sendiri, selain telah mendapatkan pengakuan negara sebagai dosen profesional, juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesejahteraannya. ‘’Yah. Ini menjadi bukti pengakuan negara kalau dosen sudah tersertifikasi. Apalagi kesejahteraan juga otomatis meningkat,’’jelasnya.

Dengan lulusnya ketujuh dosen tersebut, lanjut Rektor, maka otomatis jumlah dosen di Unisa yang tersertifikasi semakin banyak. Jumlah tersebut akan terus bertambah, terlebih saat ini dalam sesi-2 yang sudah dimulakan tanggal 8 Agustus 2022. Tercatat ada tiga nama dosen yang sudah memenuhi syarat atau eligible.

‘’Kita doakan dosen yang ikut di seleksi tahap kedua ini semuanya lulus. Selaku pimpinan tak hentinya saya mendorong para dosen untuk meningkatkan kompetensinya, termasuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktoral dan meningkatkan jabatan fungsionalnya dari Lektor menjadi Lektor Kepala,”pungkasnya.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.