Rektor UNISA Jadi Dosen Tamu dan Teken Kerjasama dengan UNISMUH Makassar

Rektor UNISA Jadi Dosen Tamu dan Teken Kerjasama dengan UNISMUH Makassar

Makassar–WartakiatΙ  Universitas Alkhairaat (UNISA), memulai kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Makassar  yang ditandai dengan  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan kerjasama ini diadakan di Ruang Kerja Rektor Unismuh Makassar, yang berlokasi di lantai 17 Gedung Iqra, Kamis, 26 Oktober 2023.

Acara prestisius itu  dihadiri oleh sejumlah  pejabat penting kedua institusi, diantaranya Wakil Rektor I Unismuh, Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor IV, Dr H Mawardi Pewangi, Ketua LPBKUI, Maharida, M. Pd, dan Dr. Syamsiah, M. Si, sementara dari pihak Universitas Alkhairaat dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Abd. Rahman Assegaf, S.E.M.M.

Setelah penandatanganan MoU, Rektor Universitas Alkhairaat Palu, Dr Muhammad Yasin, didaulat memberikan kuliah tamu pada Program Studi  Agribisnis Fakultas Pertanian Unismuh Makassar dengan tema “Bersinergi untuk Pertanian Berkelanjutan” acara itu diikuti dengan antusias oleh para wakil dekan, dosen program studi agribisnis dan mahasiswa Agribisnis fakultas Pertanian.

Menurut Yasin, momentum ini sekaligus menjadi kesempatan emas untuk mengadakan penandatanganan Memorandum of Agreement atau implementasi kegiatan kerjasama.

Sebelum penandatanganan kesepakatan penting ini, Rektor Prof. Ambo Asse dari Unismuh Makassar menyambut baik kunjungan Rektor Universitas Alkhairaat Palu di ruang kerjanya, yang juga berada di lantai 17 Gedung Iqra Unismuh.

Rektor Prof. Ambo Asse menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan silaturrahim yang kemudian diikuti oleh penandatanganan kerjasama antara Unismuh Makassar dan Universitas Alkhairaat Palu.

Selama pertemuan, Prof. Ambo Asse memberikan pandangan singkat tentang perkembangan Unismuh Makassar saat ini, termasuk jumlah 7 fakultas, program pascasarjana, dan berbagai program studi yang terakreditasi.

Lebih lanjut, Prof. Ambo Asse juga memperkenalkan lokasi-lokasi kampus Unismuh Makassar lainnya, seperti di Ranggong dan Mappaoddang, serta proyek pembangunan Kampus baru Fakultas Kedokteran Unismuh di Jl Tun Abdul Razak di Gowa.

Rektor Universitas Alkhairaat Palu, Muhammad Yasin, merasa terhormat atas sambutan hangat yang diterimanya di Unismuh Makassar. Dia juga menyampaikan salam dari ketua yayasan SIS Aljufri, HS. Ir. Alwi Bin Muhammad Aljufri.

Kunjungan ini bukan hanya untuk silaturahim, tetapi juga untuk mendapatkan informasi dalam bentuk benchmarking yang diagendakan pada tanggal 3 November 2023.

Benchmarking ini akan membahas kemajuan Unismuh Makassar yang dapat diadaptasi untuk pengembangan berbagai jenis kerjasama dalam bidang tri darma.

Kunjungan Rektor Universitas Alkhairaat ke Unismuh Makassar dianggap sebagai langkah awal yang menjanjikan dalam menjajaki potensi kerjasama yang luas antara kedua perguruan tinggi Islam yang bergengsi ini.

“Kerjasama ini diharapkan akan membawa manfaat besar bagi dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia,”Tutup Yasin.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *