Pembangunan Madrasah Diniyah Taklimiyah Al Mu’min Palupi, Haji Usman Jadi Donatur Utama

Pembangunan Madrasah Diniyah Taklimiyah Al Mu’min Palupi, Haji Usman Jadi Donatur Utama

Palu-Wartakiat| Mengawali lembaran pertama dibulan Januari 2024, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Palu, Dr.H. Nasruddin L. Midu, M.Ag menghadiri sekaligus meletakkan batu pertama menandai dibangunnya Madrasah Diniyah Taklimiyah Al Mu’ min Palupi. Senin pagi, (1/1).

Kakankemenag kota Palu itu menyambut baik pembangunan madrasah tersebut sembari mewanti-wanti pengurus yayasan untuk secepatnya menyurat ke kantor kementerian Agama kota Palu untuk mendapatkan izin operasional sekolah.  Pada kesempatan itu ia juga memberikan penjelasan tentang klasifiksi madrasah, yang pertama katanya,  madrasah ibtidaiyah, proses belajarnya pagi hari dan mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dari Kementerian Agama.

Kedua, madrasah diniyah awaliyah, atau yang lebih dikenal dengan istilah Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah (MDA)proses belajarnya sore hingga malam hari, muridnya  berasala dari sekolah dasar negeri yang ingin menambah pengetahuan agamanya, jenis sekolah ini tidak mendapatkan dana BOS dari kementerian agama.

Ketiga adalah  Madrasah Diniyah Taklimiyah, satuan Pendidikan Keagamaan Islam non formal yang menyelenggarakan pendidikan Agama Islam sebagai pelengkap atau penyempurna pendidikan dan pengajaran pada setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah.

“Silahkan secepatnya pengurus yayasan Al Mu’min  menyurat ke kementerian agama kota Palu untuk mendapatkan izin operasional. Selanjutnya tim dari seksi pendidikan Islam akan turun melakukan survei apa saja syarat yang harus dipenuhi sehingga dikeluarkan izin operasional melalui aplikasi Educational Manajemen Information Sistem (EMIS),”jelasnya.

Sementara Itu pembangunan madrasah diniyah taklimiyah yang berada dibawah yayasan masjid Al Mu’min Palupi ini dibiayai oleh donatur tunggal atau donatur utama Haji Usman.

Haji Usman berharap, madrasah yang berdiri diatas tanah wakaf komplkes masjid Al Mu’min Palupi itu, dapat mencetak anak-anak generasi  Qur’ani yang memiliki akhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat. Pada bagian lain, Haji Usman mengatakan walaupun sebagai donatur utama ia juga tidak menutup peluang bagi siapa saja kaum muslimin  yang ingin menyalurkan bantuannya.

Ketua pembangunan madrasah Diniyah Taklimiyah Almukmin Palupi, H. Herman mengatakan bangunan itu berkonstruksi dua lantai, terdiri dari enam ruangan dengan daya tampung 15 murid satu ruang kelas. Pembangunan gedung madrasah tersebut kata Herman menelan anggaran 1,2 milyar dengan target enam bulan selesai.

Senada dengan H. Usman, Ketua Yayasan Masjid Al Mu’min, Mohammad Arif, S.Ag mengatakan walaupun donatur utamanya H. Usman namun tidak menutup peluang bagi siapa saja kaum muslimin yang ingin menginvestasikan hartanya dijalan Allah sebagai amal jariyahnya.

Peletakan batu pertama atau coran pertama dilakukan dengan mengenakan atribut alat pelindung diri berupa kaos tangan, rompi dan helm proyek diawali oleh kakankemenag kota Palu, Dr H. Nasruddin L. Midu disusul donatur utama Haji Usman, berturut-turut Imam masjid Al Mu’min yang juga ketua RW 07 Busran Laonga, Ketua Yayasan Masjid Al Mu’min yang juga Ketua Badan Ta’mir Masjid Al Mu’min Mohammad Arif dan Ketua Pembangunan Madrasah Diniyah Al Mu’min, Herman.

Turut hadir para Imam se-kelurahan Palupi dan pejabat dari kementerian agama kota Palu dan jamaah masjid Al Mu’min Palupi.

Laporan Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *