FK Unisa Palu Jejaki Kerjasama dengan KMedihub,Daegu-Gyeoungbuk Medical Inovation Foundation, Korsel

FK Unisa Palu Jejaki Kerjasama dengan KMedihub,Daegu-Gyeoungbuk Medical Inovation Foundation, Korsel

Daegu-WartakiatΙ Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa), yang diwakili Wakil Dekan II, drg.Lutfiah, M.KM, Rabu pagi waktu setempat, (21/2) menghadiri undangan dari KMedihub, Daegu- Gyeoungbuk Medical Inovation Foundation, Korea Selatan. Hal  ini merupakan rangkaian tindak lanjut penandatanganan MoU beberapa waktu lalu oleh Rektor Universitas Alkhairaat, Dr Muhammad Yasin di Makassar bersama  sejumlah Perguruan Tinggi. Turut hadir di Daegu, selain Universitas Alkhairaat,  Universitas Muhammadiyah Makassar, Surabaya dan Pontianak.

 

Tim dari Indonesia dipimpin oleh Prof dr.Suryani As’ad, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhamaddiyah Makassar ini disambut hangat oleh Mr. Yang Jin Young, President of K MEDI hub, bersama Tim. Selama disana, Tim K-Medi hub mempersentasikan hal- hal yang bisa dikerjasamakan dalam hal Research dan Training serta  memperlihatkan Design Simulation Traning Area yaitu Intensive Care Unit, Emergency Unit dan Disaster Medical Unit. Tim juga menyempatkan berkunjung ke Laboratorium Penelitian setempat.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, kata Prof dr Suryani yang juga pernah menjadi bagian dari FK Unisa diawal berdirinya tahun 2009, mengatakan, Universitas Alkhairaat yang memiliki Fakultas Kedokteran pertama di Sulawesi Tengah harus terus membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik  dalam negeri maupun luar negeri seperti K-Media Hub Korea (Daegu Gyeongbuk Medical Innovation Foundation), sebuah perusahaan modern yang bergerak di bidang penyedia alat medis dan produksi obat-obatan di Korea Selatan. Perusahaan ini juga tengah mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pengembangan obat-obatan.

Sementara itu drg. Lutfiah, M.KM yang dihubungi media ini dari Daegu- Korsel, Rabu pagi (21/2) mengatakan, kunjungan ke K Medihub tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Makassar beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu ia mengaku memaparkan profil Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat,  serta penelitian yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan dengan harapan bisa bekerjasama dengan K-Medi hub.

Lutfiah menambahkan, seusai menjajaki kerjasama dengan K-Medihub selama dua hari (20-21 Februari di Daegu, Korea Selatan), Universitas Alkhairaat rencananya akan kembali menghadiri kegiatan Koamex 2024, Korea Intenational Advanced Medical Equpment and Medicine Expo, 21-23 Juni 2024 mendatang. ‘’Semoga ini menjadikan Universitas Alkhairaat untuk bisa Go International,’’harapnya.

Ditempat terpisah,, Rektor Universitas Alkhairaat, Dr. Muhammad Yasin, mengapresiasi kegiatan yang telah diikuti oleh Fakultas Kedokteran dengan pihak K-Medihub Korea tersebut yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU dengan berbagai perguruan tinggi beberapa waktu lalu di Makassar.

Yasin berharap, hasil kunjungan ke Korea Selatan ini bisa mewujudkan kerjasama dan upaya untuk membangun jejaring internasional.

‘’Yah, kita harap kunjungan ke Korea Selatan dalam rangka menjajaki kerjasama dengan pihak luar negeri. Kita harapkan bisa terwujud kerjasamanya. Kita juga ingin membangun jejaring internasional agar Unisa Palu bisa go Internasional,’’pungkasnya.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *