Memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW

Memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW

Oleh: Dr. Ir. H. Kasman Jaya Saad, M.Si.*

Hari ini (Sabtu, 5/10/24),dikampus peninggalan guru tua, kami menjadi bagian dalam memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Momentum penting bagi kami untuk mengenang kelahiran dan perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan ajaran Islam.

Maulid nabi juga pengingat bagi kami akan banyak akhlak mulia rasul, kesederhanaan, kepemimpinan yang penuh kasih sayang, kejujuran dan perilaku baik dalam pergaulan bagi sesama.

Membangun institusi-kampus yang penuh tantangan ini, peringatan maulid nabi memiliki relevansi yang tinggi. Nilai-nilai yang diajarkan oleh nabi Muhammad, seperti kejujuran, tanggung jawab,kredibel dan keadilan, menjadi pegangan penting dalam menghadapi berbagai dinamika kehidupan akademik. Maulid nabi juga harusnya menjadi momen refleksi bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan kualitas akademik.

Rasulullah dikenal sebagai sosok yang penuh cinta kasih dan perhatian terhadap sesama. Keteladanan beliau dalam bersikap lembut, sabar, dan penuh empati menjadi contoh yang harus diimplementasikan dalam pengelolaan kampus ini. Tak ada perilaku kurang terpuji, saling menegasikan dan saling menjatuhkan.

Sekali lagi memperingati hari kelahiran nabi, juga sebagai momentum untuk memperkuat soliditas dan kebersamaan di tengah perkembangan tantangan dan pesatnya kompetitif di era saat ini. Rasulullah mengajarkan pentingnya ilmu pengetahuan dan etos kerja yang tinggi. Maulid nabi dapat menjadi motivasi bagi kita untuk menjadikan kampus ini otonom dan meningkatkan akreditas serta terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Inspirasi dari keteladanan Rasulullah yang memegang teguh nilai-nilai Islam menghadapi berbagai tantangan kehidupan dengan penuh optimisme, ketenangan, dan keikhlasan adalah contoh baik harus dibuktikan warga kampus-civitas akademika, biar maulid nabi kali ini penuh makna. Tabe

Penulis adaah dosen senior di Universitas Alkhairaat/Ketua Senat Universitas.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *