Dosen Politeknik Negeri Subang Latih Warga Desa Sukadana Buat Olahan Jeruk Nipis

Dosen Politeknik Negeri Subang Latih Warga Desa Sukadana  Buat Olahan Jeruk Nipis

Subang-Dosen Politeknik Negeri Subang, baru-baru ini melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan olahan jeruk nipis serta cek kesehatan bagi warga desa Sukadana Compreng, Subang.

Pada wartakiat.com Pengabdi asal Politeknik Negeri Subang, mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab lembaga pendidikan dalam mewujudkan Tri Dharma dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Agroindustri Politeknik Negeri Subang, 18 September 2019, melakukan pelatihan dan pendampingan pada masyarakat Desa Sukadana Compreng Kabupaten Subang.

“kegiatan tersebut merupakan wujud pengabdian Politeknik Negeri Subang kepada masyarakat dalam memajukan potensi daerah agar semakin berkembang dan maju,” jelasnya.

Ia mengatakan, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan mengangkat tema besar yakni pembuatan olahan jeruk nipis dan cek kesehatan, menurutnya, kegiatan itu disambut baik oleh warga dan aparatur pemerintah setempat.

Lebih lanjut ia memaparkan kegiatan yang mereka lakukan yakni pelatihan pembuatan olahan produk marmaled dan permen jelly yang berbahan dasar jeruk nipis dan pepaya yang banyak ditanam di daerah tersebut.

Pelatihan tersebut diberikan agar masyarakat Sukadana mampu mengoptimalkan potensi komoditas hasil pertanian yang banyak tersedia disana. Terlebih lagi komoditas yang dijadikan bahan baku tersebut merupakan komoditas yang baik untuk pencernaan dan memiliki nilai khasiat untuk kesehatan. Ia menyebutkan jeruk nipis yang mempunyai kandungan kalsium, forsor, vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dan mampu menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan mampu memelihara kesehatan kulit.

“hasil penelitian yang dilakukan salah satu mahasiswa Jurusan Agroindustri Politeknik Negeri Subang baru-baru ini, tentang Pemanfaatan Kulit Jeruk Nipis Citrus aurantifolia sebagai bahan dasar Blend Oil Aromaterapi. Kandungan yang terdapat pada kulit jeruknya pun dimanfaatkan sebagai minyak atsiri karena mengandung senyawa limonen. Limonen merupakan kandungan yang dapat memberikan efek tenang, menstabilkan sistem syaraf dan melancarkan peredaran darah,” ujarnya.

Selain pelatihan tentang pengolahan, kegiatan lainnya adalah pemeriksaan kesehatan kepada setiap warga yang secara khusus dilakukan oleh para dosen keperawatan, hal itu katanya, guna mengukur seberapa besar tingkat kesehatan masyarakat Sukadana dan memberikan konseling terkait kesadaran hidup sehat. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares