Baznas Kota Palu Salurkan Bantuan Produktif

Baznas Kota Palu Salurkan Bantuan Produktif

Palu-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kota Palu kembali menyalurkan bantuan senilai 32 juta lebih bagi 10 orang mustahiq atau penerima Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIZ), di kantor Baznas Kota Palu, Jalan Gajah Mada Kota Palu, Kamis, (17/10).

Wakil Ketua II, H. Djasman Latima mengatakan, dana ZIZ yang disalurkan itu berasal dari para Muzakki Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palu yang dikumpulkan melalui Baznas Kota Palu.

“Dana ini berasal dari para ASN kota Palu yang terkumpul kurang lebih 12 juta perbulan, kami hanya mengumpulkan, kemudian disalurkan kepada yang memenuhi syarat, saya harap dana ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para mustahiq baik penerima bantuan konsumtif maupun produktif,” katanya

Ia mengatakan, untuk mendapatkan bantuan itu, para mustahiq terlebih dahulu bermohon, kemudian disurvei oleh Baznas untuk mendapatkan bantuan.

Ia melanjutkan, pola penyaluran pelan-pelan akan diubah dari bantuan konsumtif menjadi bantuan produktif, dengan pola seperti ini kata Djasman, diharapkan suatu saat nanti status Mustahiq berubah menjadi Muzakki sehingga yang bersangkutan bisa membantu para Mustahiq lainnya dari keuntungan usahanya.

Sementara itu, Wakil Ketua III, Hj. Hapsah S. Pattah mengatakan, bantuan produktif sebelumnya sudah pernah disalurkan kepada mustahiq di Kelurahan Kabonena yang mengelola usaha air masak. Dari keuntungannya tersebut dikembalikan dalam bentuk infaq dan sadaqah.

Menurutnya, modal usaha yang diberikan bukan untuk dibelanjakan, melainkan untuk modal usaha, dengan harapan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Semoga usaha bapak ibu lancar dan bisa mengembalikan dalam bentuk infaq dan sadaqah sehingga dana ini bisa kembali bergulir dan dinikmati oleh para mustahiq lainnya, suatu saat nanti kalau usaha sudah maju status kalian sudah menjadi muzakki,” ujarnya.

Hj. Hapsah mengatakan, total dana yang disalurkan pada sepuluh orang mustahiq senilai Rp. 32.920.000 (tiga puluh dua juta sembilan ratus dua puluh ribu rupiah). (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares