Dosen Unisa dilatih Mendeley dan Zotero

Dosen Unisa dilatih Mendeley dan Zotero

Palu-Dosen Universitas Alkhairaat (Unisa), mengikuti pelatihan akses Jurnal Nasional maupun Internasional serta tutorial penggunaan aplikasi Referensi Mendeley dan Zotero oleh Dosen Fakultas Kedokteran Unisa Dr. Misriyani dan Dosen Fakultas Pertanian, If’all.

Kegiatan yang digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) itu dibuka langsung Rektor Unisa, Dr.Umar Alatas. Kamis, (10/10), di Aula Teluk Palu, Fakultas Perikanan. Unisa.

Rektor mengatakan, Mendeley dan Zotero merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah open source yang dapat digunakan secara bebas oleh Dosen, Peneliti, dan Mahasiwa untuk mengelola dokumen Ilmiah dan referensi ilmiah.

” Saya berharap semua dosen mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sebab ini era teknologi digitalisasi, mau tidak mau semua dosen harus mengetahui aplikasi ini. Sebagai pimpinan perguruan tinggi sangat mendukung kegiatan ilmiah seperti ini,” katanya.

Narasumber dalam kegiatan itu, If’all mengatakan, pentingnya pelatihan dilakukan untuk membantu para dosen dan mahasiswa untuk mengakses artikel dan jurnal, baik sebagai referensi maupun untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya .

Ditempat yang sama, Dr. Misriyani mengatakan, Zotero salah satu reference manajer atau program pengelolaan sitasi. Menurut dosen berprestasi yang sudah mempublish enam judul di jurnal internasional terindeks scopus itu
pelatihan akses jurnal dan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley dan Zotero dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian Dosen, Peneliti, dan Mahasiswa.

Dengan adanya akun itu kata Misriyani, memberikan peluang bagi Dosen, Peneliti, dan Mahasiwa dapat lebih eksis pada kancah Akademis, khususnya di dunia maya, serta memberikan dampak positif bagi Dosen yang bersangkutan dan Institusinya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh reviewer Nasional Dr.Samliok Ndobe, Dosen Senior Dr.Ir. H.Kasman Jaya, Ketua Senat, Dr.Ir. Aris Aksarah dan dosen Unisa lainnya. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares