Jumardin, Alumni Faperta Unisa Pertama Bergelar Doktor

Jumardin, Alumni Faperta Unisa Pertama Bergelar Doktor

Palu-Universitas Alkhairaat (Unisa), terus melahirkan dosen dengan kualifikasi strata tiga (S3) atau program doktoral. Kali ini, Dosen Fakultas Pertanian ( Faperta), Unisa, Jumardin, resmi menyandang gelar doktor dalam bidang ilmu Pertanian Universitas Tadulako,(Untad), Senin, (07/10). Ia juga tercatat sebagai alumni fakultas Pertanian Unisa pertama yang menyandang gelar akademik tertinggi itu.

Jumardin, pada wartakiat.com, Selasa, (08/10), mengatakan, gelar itu diraihnya dengan tidak mudah, butuh waktu yang panjang dan melelahkan, bahkan sempat tertunda akibat bencana 28 September 2018.

Ko-Promotor I Prof.Dr. Indrianto Kadekoh juga mengakui hal itu, menurutnya, semangat dan tekad serta kesabaran yang kuat yang dimiliki Jumardin patut diapresiasi, “penelitian yang dilakukan saudara Jumardin dimulai dari laboratorium, meneliti bakteri ditabung reaksi kecil, hingga menempuh perjalanan yang melelahkan untuk mengambil sampel disebuah tempat dipuncak gunung diwilayah Kecamatan Kulawi dengan jarak tempuh sembilan jam,” ujar Kadekoh dengan suara tersendat menahan haru.

Tidak hanya mendapat pujian dari Prof Indri, Jumardin juga mendapatkan pujian dari penguji eksternal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr.rer.nat Sarjiyo Antonius. Ia tak sungkan memuji penelitian yang dilakukan Jumardin. Menurutnya, disertasi yang berjudul Karakteristik Bakteri Epifit, Endofit, dan Rizosfer dari Berbagai Sumber Padi Gogo di Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi kembali menambah khazanah ilmu pengetahuan, tinggal bagaimana peneliti kata Sarjiya, mampu melebarkan sayap, jaringan dan kerjasama, sebab diluar negeri satu tema bisa dikeroyok sampai sepuluh laboratorium.

Dalam sidang promosi doktor itu, tim penguji yang dipimpin Prof. Dr.Ir. Muhammad Basir itu memutuskan Jumardin lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK), 3,99.

Turut hadir Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr.Umar Alatas, Wakil Rektor II, Marjun, Dekan Fakultas Pertanian, Dr Ir. Hj. Hasmari Noer, Ketua Senat Dr. Ir. Aris Aksarah Pas, Dosen Senior, Dr. Ir. Kasman Jaya, Dekan Fakultas Ekonomi, Abdul Rahman, Dekan FKIP, Idrus AlJufri dan sivitas akademika Unisa. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares