Dekan Faperik Unisa Pemateri Temu Usaha Perikanan di Sigi

Dekan Faperik Unisa Pemateri Temu Usaha Perikanan di Sigi

Palu-Dekan Fakultas Perikanan (Faperik), Universitas Alkhairaat (Unisa), didaulat menjadi salah satu pemater Temu Usaha Perikanan tingkat Kabupaten Sigi dua hari lalu.

Selain dirinya, H.Moh.Arief Latjuba, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah juga menjadi pemateri pada kegiatan itu.

Selain itu, Kepala Perwakilan (Kpw), Bank Indonesia (BI), Sulawesi Tengah. Dan anggota DPRD Kabupaten Sigi, Jamaludin L Nusu.

Ia sendiri dipercayakan membawakan materi Strategi Bisnis Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar.

Menurutnya, secara kelembagaan dirinya sangat mengharapkan tindak lanjut kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi dengan Fakultas Perikanan Unisa dalam bentuk penelitian dan kajian ilmiah.

Ia juga berharap, kegiatan ini juga bisa meningkatkan produktivitas budidaya air tawar dengan pengembangan diversifikasi usaha melalui pengembangan jenis ikan yang dibudidayakan dengan tetap melestarikan dan mengembangkan budidaya ikan gabus, belut, nila,lele, mujair dan ikan mas dengan mengembangkan usaha pengolahan hasil perikanan air tawar melalui kreatifitas Ibu-ibu PKK setiap kecamatan.

Ia menilai, lomba masak ikan sebagai bagian dari langkah kongkrit pemerintah daerah dan stakeholder dalam mengembangkan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia untuk mengubah mindset mencari kerja menjadi budaya mencitakan lapangan kerja.

Kegiatan itu dimeriahkan dengan lomba masak serba ikan yang diikuti seluruh Kecamatan di Kabupaten Sigi.

Dekan Perikanan, Mawar, juga dipercayakan sebagai tim juri dari unsur akademisi. SMKN 1 Palu, Feralina Kalatanan dari Dinas Kelautan Perikanan Provinsi dan ketua Tim Juri Hazizah M Irwan Lapatta.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares