Finalis Sekolah Sehat, MIN 1 Kota Palu Harumkan Nama Sulawesi Tengah

Finalis Sekolah Sehat, MIN 1 Kota Palu Harumkan Nama Sulawesi Tengah

Palu-Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Palu kembali mengukir prestasi gemilang ditingkat Nasional. MIN 1 Palu berhasil menjadi finalis pada ajang lomba tingkat Nasional “Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019” yang diselenggarakan di salah satu hotel Jakarta pekan lalu.

Kepala MIN 1 Palu, H. Muhammad Sarib mengatakan, MIN 1 Palu yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah pada ajang Nasional itu berhasil masuk menjadi finalis.

“Alhamdulillah kami masuk final, pada lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional yang berlangsung tanggal 11 sampai 14 November kemarin di Jakarta, prestasi ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Palu, Kakanwil Kementerian Agama, Kandepag Kota Palu dan lainnya juga terkhusus untuk semua Kepala Madrasah yang pernah menjabat di MIN 1 Palu, teristimewa kepada para dewan guru dan murid-murid MIN 1 Palu, karena tanpa kerjasama dan kekompakan, mustahil semua ini bisa diraih,” katanya pada wartakiat.com, Ahad, (17/11).

Menurutnya, tahun ini, agak berbeda dengan tahun sebelumnya, kategori yang dilombakan kali ini mencakup tiga kategori yakni, best performance atau kinerja terbaik, best achievement atau pencapaian terbaik, dan best characters atau perilaku terbaik.

“ MIN 1 Palu berhasil meraih juara 2 kategori best achievement, saya sangat bersyukur atas capaian ini,” katanya.

Ia melanjutkan, Lomba Sekolah Sehat (LSS) tahun ini diikuti 23 Provinsi. 94 Sekolah/Madrasah yang berpartisipasi pada ajang itu.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola yang diwakili Kepala Biro Kesosmas yang juga sebagai Sekretaris Pembina TP UKS/M Provinsi Sulteng, Sitty Hasbia Zaenong, mengapresiasi prestasi MIN 1 Palu itu karena baru tahun ini Provinsi Sulteng berhasil menembus dan mengirim utusan di tingkat nasional.

“tentunya ini menjadi kebanggaan bagi Provinsi kita serta menjadi catatan perbaikan prestasi sekolah di ajang yang sama di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Penganugerahan lomba sekolah/madrasah sehat berkarakter itu ditetapkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama TP UKS/M pusat, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Penghargaan lomba sekolah/madrasah sehat diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari MQIH dan diterima langsung oleh Kepala MIN 1 Palu Muhammad Sarib di dampingi Kepala Biro Kesosmas Provinsi Sulteng Sitty Hasbia Zaenong, Kepala Puskesmas Sangurara drg. Akmal Eddy Madda sebagai Puskesmas Pembina yang berhasil mengantarkan MIN 1 Palu sebagai juara Nasional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulteng, DR H
Rusman Langke juga mengapresias prestasi MIN 1 Palu. Ia berharap, agar pencapaian ini dapat terus dipertahankan dan menjadi motivasi agar semakin baik lagi.
“Saya turut berbahagia dan bangga atas prestasi MIN 1 Palu, ini bisa menjadi contoh bagi madrasah atau sekolah lain,” ujarnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Palu, H
Ma’sum Rumi juga berharap agar prestasi yang diraih bisa terus ditingkatkan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

“Prestasi MIN 1 Palu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, harapannya, sekolah Negeri dan Swasta di Kota Palu lebih termotivasi lagi untuk berprestasi, karena sekolah sehat ini sudah menjadi harga mati, jangan hanya semangat karena perlombaan saja, tetapi dipraktekkan dalam keseharian siswa di sekolah,” tutupnya.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares