Sumur Tempat Mandi Guru Tua di Pelawa tidak Pernah Kering

Sumur Tempat Mandi Guru Tua di Pelawa tidak Pernah Kering

Parigi-Sumur tempat Habib Idrus bin Salim Aljufri, (Guru Tua), mandi bersama dua cucunya, yang waktu itu masih berusia remaja, Alm.Habib Abdillah Aljufri dan Habib Saggaf Aljufri yang terletak di Kelurahan Pelawa, Kabupaten Parigi Moutong yang sudah berusia ratusan tahun, hingga saat ini, dikabarkan tidak pernah kering, walaumusim kemarau.

Kepala Madrasah Aliyah Alkhairaat Pelawa, Abdul Malik pada wartakiat.com, Ahad, (10/11), mengatakan, Plt. Ketua Utama Alkhairaat, Habib Alwi mendapatkan informasi itu saat acara Maulid yang dirangkaikan dengan acara ramah tamah dan reuni akbar Alkhairaat Pelawa.

Keesokan harinya, Habib Alwi bersama rombongan menyempatkan melihat langsung lokasi sumur tua tempat ayahnya mandi bersama kake buyutnya itu.

Selain bersilaturahmi dengan Pengurus Ranting Alkhairaat Pelawa, Habib Alwi juga tertarik mendengar cerita tentang sumur bersejarah itu dari tokoh Alkhairaat setempat Nayadin L. Lakandu.

Menurut Nayadin L. Lakandu, seperti dituturkan Abdul Malik, sumur yang terletak di kompleks Alkhairaat Pelawa itu hingga kini masih dikonsumsi warga, bahkan, Habib Alwi, kata Malik, ikut meminum langsung air sumur tua itu.

Penduduk setempat memberikan nama sumur itu Ue Kulu atau Air Kulu, artinya air yang banyak ditumbuhi pohon sukun. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *