Dosen Unisa Latih Siswa Magang Buat Tortilla Rumput Laut

Dosen Unisa Latih Siswa Magang Buat Tortilla Rumput Laut

Palu-wartakiat | Dosen Program Studi (Prodi), Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian dan Prodi Agribisnis Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat (Unisa), bersama mahasiswa semester V baru-baru ini memberikan pelatihan dan praktek pembuatan tortilla rumput lalu bagi siswa magang dari SMKN 1 Banawa Selatan, di kampus (Unisa) Palu.

Dekan Fakultas Perikanan, Mawar yang juga tim pelatih pada kegiatan itu mengatakan, siswa SMKN 1 Banawa Selatan yang magang sejak tanggal 13 Januari 2020 itu pada minggu pertama masih diberikan materi pengenalan, pengklasifikasian jenis rumput laut, dan pendalaman materi melalui internet yang dibimbing langsung oleh dirinya dan Asrawaty dosen THP Faperta.

Ia melanjutkan, pada minggu kedua, para siswa magang sudah mulai diberikan pelatihan cara pengeringan rumput laut dan perhitungan rendaman rumput laut basah sampai pada pengujian kadar air rumput laut setelah pengeringan.

Dekan berharap, pelatihan yang telah diberikan dapat menambah keterampilan siswa agar kelak bisa mandiri mewujudkan usaha bisnisnya tanpa tergantung dengan orang tuanya lagi.

Sementara itu, Asrawaty, dosen pembimbing dari THP, Faperta dibantu dua mahasiswa semester V Ajerni dan Sumarni, menguraikan cara pembuatan tortila rumput laut dengan bahan utama rumput laut serta tambahan ubi kayu dan tepung beras serta air secukupnya.

Menurut Asra, cara membuat penganan berbahan utama rumput laut terlebih dahulu menyiapkan 200 gram rumput laut basah, kemudian di blender, selanjutnya tambahkan air kurang lebih 2 sendok makan, tepung beras 200 gram dan ubi kayu rebus dihaluskan 200 gram.

Selanjutnya kata Asra, masak rumput laut bersama tepung beras, air dua sendok makan, tunggu hingga matang lalu uleni selagi hangat bersama ubi kayu yang sudah dihaluskan, jika sudah tercampur rata, cetak dengan cara di rol atau pipihkan di atas plastik transparan setipis mungkin seperti kertas agar cepat kering, kemudian iris persegi panjang.

” Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan jemur dibawah sinar matahari langsung dengan plastik yang digunakan tadi, lalu balik hingga kering,” katanya pada wartakiat.com, Ahad, (26/1).

Setelah kering, tortilla rumput laut siap digoreng untuk konsumsi.
Selamat menikmati.

 

(rl)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares