FAI Unisa Gelar LCTF dan Seni Kaligrafi

FAI Unisa Gelar LCTF dan Seni Kaligrafi

Palu-wartakiat| Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga dan Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Alkhairaat (Unisa), kembali menggelar Lomba Cepat Tepat Fiqhi & Seni Kaligrafi.

Tercatat, 47 sekolah berpartisipasi pada ajang tersebut, terdiri dari 22 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 25 Madrasah, kegiatan lomba dipusatkan di aula Fakultas Agama Islam, jalan Diponegoro Palu. Sementara peserta dan pembina diinapkan di wisma Donggala.

Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. H. Abd. Gafar Mallo mengatakan, Lomba Cepat Tepat Fiqhi (LCTF), yang telah memasuki usia ke-15 itu telah ditetapkan sebagai agenda tahunan fakultasnya.

Dekan berharap, kegiatan itu dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman dan pengembangan ilmu-ilmu Fiqhi dalam masyarakat, mengingat ilmu fiqhi berhubungan langsung dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Selain itu, LCTF juga diharapkan menjadi daya dukung terwujudnya visi “Mewujudkan FAI yang Kompetitif, Inovatif, Berwawasan Inklusif dan Berkontribusi terhadap Pengembangan Peradaban Islam”.

Menurut Dekan, pada perhelatan ke- 16 tahun depan kegiatannya akan lebih bervariasi lagi dengan mengikutkan semua Pogram Studi di lingkungan FAI dengan sebaran lomba, prodi Hukum Keluarga dan Ekonomi Syariah fokus lombanya LCTF dan Kaligrafi. Pendidikan Bahasa Arab (PBA), lomba Qira’ah Kutub (baca kitab berbahasa arab gundul) dan
Prodi PAI, lomba Karya Tulis Ilmiah dengan topik-topik keagamaan.

” Insya Allah, tahun depan semua jenis lomba yang saya sebutkan diatas akan dilombakan secara bersamaan, sehingga gaungnya lebih besar lagi,” kata Gafar pada Media ini, Selasa, (25/2).

Sementara itu, stering comite, Muhammad Al-Amin mengaku bersyukur kegiatan itu turut dihadiri oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh staf ahli Gubernur bidang Ekbang, Muhammad Nizam.

“Saat pembukaan alhamdulillah dihadiri oleh staf ahli Gubernur Sulawesi Tengah bidang Ekbang, ini sebagai bentuk dukungan Pemprov terhadap kegiatan kami, sekaligus sambutan Pemerintah Daerah kepada tamu peserta yang berasal dari Provinsi tetangga, Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat,” katanya.

Amin berharap, pelaksanaan tahun depan mampu merangkul seluruh provinsi yang ada di kawasan timur indonesia.

” Harapan dan cita cita kami tidak akan tercapai tanpa dukungan moril maupun materil dari sivitas akademika Universitas Alkhairaat Palu dan Pemprov Sulawesi tengah” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahim antar sesama siswa dan mahasiswa Unisa, selain itu juga menjadi ajang promosi kampus yang paling efektif.

“Insya Allah kedepan, kegiatan semacam ini kita desain dan tingkatkan lagi, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, sehingga gaungnya lebih besar lagi, yang pada akhirnya kampus kita makin diminati dan dikenal secara luas ditengah masyarakat,” tutup Rektor.

 

(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares