Dosen Untad Latih Guru Pembina Olimpiade Matematika, Ini Respon Pemda Donggala

Dosen Untad Latih Guru Pembina Olimpiade Matematika, Ini Respon Pemda Donggala

Palu-wartakiat.com| Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Dosen Universitas Tadulako (Untad). Dr. Pathuddin, S.Pd.,M.Si bersama Dra.Linawati, M.Si yang berjudul “PKM Guru Pembina Olimpiade Matematika dan IPA SD di Wilayah Gugus I Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala” mendapat sambutan dan dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Donggala.

Hal itu ditandai dengan kehadiran Pelaksana Tugas  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Donggala H.Kasmuddin, S.S.,M.M sekaligus  membuka workshop dan pelatihan kepada Guru SD Pembina Olimpiade Matematika dan IPA di wilayah Gugus I kecamatan Banawa Selatan baru-baru ini.

Ketua tim PKM Untad, Dr.Pathuddin mengatakan, Program Kemitraan Masyarakat (PKM), bertujuan meningkatkan kemampuan pembina olimpiade SD dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika dan IPA, yang dipersiapkan mengikuti olmpiade tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Pathuddin menambahkan,  pelatihan dan worhshop yang diberikan berupa penanaman konsep dasar Matematika dan IPA. Selain itu, para guru pembina olimpiade juga diberikan pembimbimbingan khusus guna meningkatkan kompetensinya. mengingat penyelesaaian soal-soal olimpiade tersebut membutuhkan analisa yang lebih tinggi, butuh waktu yang tidak sedikit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Penanaman konsep hingga mahir pada guru-guru pembina olimpiade untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus diakui membutuhkan waktu yang tidak sedikit,  ini saja kami lakukan 10 Juli tahun 2020. Kami juga terus melakukan pendampingan secara daring ataupun luring,” kata Pathuddin pada Wartakiat.Com. Selasa, (28/7).

Dia berharap, hasil dari workshop dan pelatihan serta pendampingan ini melahirkan luaran buku ber ISBN untuk dijadikan referensi di Sekolah Dasar (SD) di wilayah Banawa Selatan.

Workshop dan Pelatihan yang berjudul PKM Guru Pembina Olimpiade Matematika dan IPA SD di Wilayah Gugus I Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala selain dihadiri dan dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan H. Kasmudin, SS, MM juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Banawa Selatan, Malik, S.Pd.,M.Pd.

Tim PKM,  Linawati menambahkan, program ini terlaksana atas dukungan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Tahun 2020.

Menurut Linawati, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) juga telah dan akan melakukan kegiatan serupa tentang pentingnya olimpiade matematika dan IPA SD sebagai bagian dari olimpiade sains dan matematika yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, para guru-guru akan dilatih menyusun proposal, pelaksanaan, dan penyusunan laporan akhir PTK.

Tuan rumah kegiatan, SDN 8 Banawa Selatan, melalui Kepala Sekolahnya, Makmur, S.Pd, yang juga didaulat sebagai moderator pada kesempatan itu menyambut dengan baik kegiatan tim PKM Untad yang diketuai Dr.Pathuddin itu.

“Kami mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru, khususnya terkait dengan materi olimpiade matematika dan IPA ini,”pungkasnya. (rl)

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares