Baznas Kota Palu Salurkan Tiga Jenis Bantuan

Baznas Kota Palu Salurkan Tiga Jenis Bantuan

Palu-wartakiat.comΙ Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palu menyalurkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada para mustahik baru-baru ini.

“Penyaluran periode ini mencakup tiga jenis bantuan yakni, bidang ekonomi, sosial, dan dakwah. Bidang ekonomi dalam bentuk bantuan produktif kepada mustahik yang telah memiliki usaha, namun terkendala dengan terbatasnya modal serta tidak memiliki kemampuan meminjam di bank,” kata Ketua Baznas kota Palu, Dr. Ahmadan, Kamis, (15/4).

Dia menyebutkan, Mustahik yang memiliki usaha penjualan “saraba”, pembuatan kursi rotan, dan usaha kecil menengah lainnya layak mendapatkan bantuan asalkan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Sementara dalam bidang sosial dan dakwah Baznas kota Palu juga menggelontorkan sejumlah dana bagi golongan yang berhak menerima, khususnya yang melaksanakan syiar agama Islam dibulan suci Ramadhan ini.

“Seluruh penerima, sebelum ditetapkan, terlebih dahulu dilakukan verifikasi lapangan oleh tim berdasarkan permohonan yang dimasukkan ke Baznas. Setelah verifikasi lapangan, dilakukan musyawarah melalui rapat pleno, kemudian ditetapkan yang berhak mendapatkan, sekaligus nominal yang diterima oleh setiap mustahik,” jelas Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Unisa Palu ini.

Menurutnya, periode ini, Baznas kota Palu lebih memprioritaskan pada bantuan ekonomi untuk usaha produktif. Sebab periode sebelumnya, pada bulan Pebruari lalu, pihaknya telah melakukan penyaluran dana konsumtif ataau bantuan habis pakai.

“Penyaluran periode April ini kami pusatkan di kantor Baznas kota Palu, Jl. Gajah Mada No. 130 yang dihadri oleh para pimpinan terdiri dari Wakil Ketua 1, Wakil Ketua 2, dan Wakil Ketua 3. Waket Ketua 2 bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H. Djasman Latima, S. Ag yang mengkoordinir kegiatan itu,”sebutnya.

Ahmadan berharap, bantuan produktif untuk para mustahik tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik, digunakan dengan penuh amanah dan tanggung jawab Sebab, dana atau bantuan yang diterima itu merupakan amanah dari umat Islam kota Palu yang berzakat, berinfak, dan bersedekah di kantor Baznas.

Dia mengakui, Aparatur Sipil Negara (ASN), dilingkungan pemerintah kota Palu berada diurutan pertama yang menyalurkan ZIS melalui kantor Baznas kota Palu di jalan Gajah Mada No.130 Palu.

Mantan Dekan Fakultas Agama Islam Unisa Palu ini turut mendoakan usaha ekonomi produktif para mustahiq yang memperoleh bantuan semakin meningkat. Sehingga, statusnya sebagai mustahik akan berubah menjadi muzakki atau munfik.

Baznas kota Palu, kata Ahmadan, juga butuh dukungan dan perhatian seluruh umat Islam yang telah memiliki kemampuan mengeluarkan ZIS untuk disalurkan melalui Baznas kota Palu. Paling tidak melalui media seperti ini masyarakat telah mengetahui peran dan fungsi Baznas kota Palu.

“Segenap Pimpinan dan Amil Baznas kota Palu menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh ASN Kota Palu dan ummat Islam yang telah menyalurkan sebagian harta kekayaannya melalui BAZNAS. Semoga Allah swt senantiasa memberikan limpahan rezki dan keberkahan dalam hidupnya,” tutupnya.

Laporan: Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares