Kalem LLDIKTI IX Sultan Batara, Dosen yang Ogah Urus Jabfung Menzhalimi Istri dan Anaknya

Kalem LLDIKTI IX Sultan Batara, Dosen yang Ogah Urus Jabfung Menzhalimi Istri dan Anaknya

Palu- Wartakiat.ComΙ Walaupun Universitas Alkhairaat (Unisa), sudah tidak lagi menjadi bagian dari LLDIKTI wilayah IX, kini menjadi bagian dari LLDIKTI wilayah XVI,GoSuluTeng, namun Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi IX, Sultan Batara, Prof. Dr. Ir. Jasruddin, M.Si. didampingi Sekretaris LLDIKTI IX, Drs. Andi Lukman, M.Si dan Kasubag Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Markus Yan Patarru, S.Sos.,M.M. Menyempatkan bersilaturahim dengan civitas akademika Unisa Palu. Kamis, (28/10).

Prof. Dr. Jasruddin mengawali pemaparannya dengan firman Allah saat proses penciptaan manusia, yang sempat diprotes malaikat, yang pada akhirnya mengakui kecerdasan dan kelebihan makhluk yang diciptakan Allah tersebut.

“Nah, kelebihan yang diberikan Allah itu, kita harus manfaatkan dengan baik, amanah berupa akal pikiran yang diberikan oleh pencipta itu wajib dimanfaatkan. Perguruan tinggi ini adalah wadahnya,” ungkapnya.

Prof Jas juga  menyentil firman Allah tentang proses penciptaan alam semesta, langit, bumi, malam dan siang sebagai tanda-tanda bagi orang yang berpikir. Sebab, kata Prof Jas, tidak ada satupun yang diciptakan Tuhan itu sia-sia, melainkan sebagai tanda bagi orang-orang yang berpikir.

” Maknanya adalah, kita harus serius berpikir, mengubah mindset kita, gunakan akal pikiran kita untuk berubah, pak Rektor dan para dosen harus mampu membaca masa depan. Jauh sebelumnya Sayyidina Ali sudah mengatakan bahwa anak kita akan hidup pada suatu zaman yang berbeda dengan kita, olehnya kita harus menyesuaikan dengan perubahan zaman,”tekannya

Sebagai seorang dosen, harus mengubah cara berpikir, salah satu caranya adalah dengan mengurus jabatan fungsional, selain karena ada karir disitu, juga ada nilai materi yang diberikan oleh negara sekaligus menjadi ladang pahala bagi istri dan anak-anaknya.

“Jika ada dosen yang tidak mau atau malas mengurus jabatan fungsionalnya, sama artinya dia menzalimi istri dan anak-anaknya,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Jasruddin banyak membagi tips antara lain, dengan memanfaatkan jaringan kolaboratif, mampu beradaptasi dengan teknologi informasi dan selalu berpikir positif dalam keadaan apapun.

“Dari Unisa, saya doakan pak Dr. Kasman Jaya secepatnya meraih jabatan fungsional Guru Besar,” katanya.

Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas mengucapkan terimakasih kepada Prof. Jasruddin bersama tim yang sudah berkenan hadir di kampus Unisa, berbagi ilmu, khususnya percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen. Jalannya silaturrahim dipandu oleh Ketua Senat Dr. Ir. Aris Aksarah itu diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama.

Laporan; Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *