Ini Pesan Rektor Saat Wisuda Unisa Ke-31 dan Profesi Dokter Ke-8

Ini Pesan Rektor  Saat Wisuda Unisa Ke-31 dan Profesi Dokter Ke-8

Palu-Wartakiat.ComΙ Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr Umar Alatas, S.Pi.,M.Si, mengatakan keberhasilan wisudawan bukanlah keberhasilan individu semata melainkan keberhasilan kolektif. Dalamnya, kata Rektor, ada do’a yang tak putus dari kedua orang tua dan cucuran keringat bercampur air mata sebagai wujud kerja keras wisudawan dalam meraih cita-citanya.

Menurut Rektor, wisuda bukanlah sekedar suatu prosesi formal dengan atribut khas jubah, toga, pin, pembagian ijazah dan transkrip nilai, atau sekedar memakai toga dengan kucir yang sudah dipindahkan posisi dari kiri ke kanan, namun lebih dari itu, kata Rektor ada tanggungjawab moral kepada alamamater, orang tua, bahkan kepada negeri ini.

“Kami tidak sekedar mengantarkan anda menjadi smart namun juga berakhlak. Kami sadari, melepaskan anda ditengah era globalisasi menuntut lulusan yang bukan hanya unggul, memiliki kompetensi tinggi namun juga harus berkarakter, dan berbudi pekerti, sesuai motto kampus ini, Berakhlakul Karimah”jelas Rektor

Rektor mengatakan, para wisudawan akan memasuki dunia nyata, yakni kelas tanpa dinding, kampus tanpa pagar, laboratorium hidup atau living labs, pelajaran yang telah diperoleh di bangku kuliah merupakan modal dasar untuk belajar lebih lanjut.

Pada bagian lain, Rektor memaparkan raihan capaian prestasi dan bantuan yang berhasil diraih selama kurun tahun 2021. Dimasa kepemimpinannya yang memasuki tahun ketiga ini, Unisa mendapatkan alokasi anggaran untuk pengembangan sarana dan prasarana termasuk bantuan studi berupa beasiswa bagi mahasiswa dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi tahun 2021 berupa program digitalisasi Smart Class Room, dari Kementrian Agama RI berupa Program Rehab Ruang Kuliah Fakultas Agama Islam, Program Indonesia Pintar (PIP), Pendidikan Tinggi atau KIP Kuliah sebanyak 265 Mahasiswa dan Bantuan UKT dari LLDIKTI Wil XVI dan dana Aspirasi Dari Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tengah. Juga bantuan Pemda Provinsi Sulawesi Tengah untuk Perbaikan Sarana dan Prasarana, bantuan beasiswa Bank Indonesia 50 Orang mahasiswa/tahun, bantuan beasiswa Pemda Kabupaten, bantuan beasiswa Pemda Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo dan bantuan beasiswa Pemda Propinsi Kalimantan Utara”urainya.

Disisi lain Rektor juga memaparkan terajadinya peningkatan kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa peningkatan kualifikasi jabatan fungsional dosen, penyelesaian jenjang studi Doktor (S3), karya ilmiah dosen, hal ini terlihat dari beberapa judul yang memperoleh dana hibah, begitu juga halnya publikasi hasil penelitian, baik pada jurnal nasional terakreditasi, internasional maupun internasional bereputasi  terindeks scopus. keikutsertaan dosen sebagai pemakalah dalam forum ilmiah, dan bertambahnya jumlah buku dan hak kekayaan intelektual yang dihasilkan oleh para dosen unisa juga menjadi penyebab meningkatnya kinerja penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

 

Laporan: Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.