Cetak Rekor, Muhammad Umar Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Cetak Rekor, Muhammad Umar Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Ekonomi

Palu-WartakiatΙ Dosen tetap Yayasan Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Alkhairaat (Unisa), Muhammad Umar A mencatatkan namanya sebagai alumni fakultas Ekonomi Unisa pertama yang berkarir sebagai dosen di almamaternya meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu Ekonomi. Muhammad Umar tercatat sebagai alumni Fekon Unisa angkatan 2004.

Sementara untuk dosen yayasan, Muhammad Umar adalah dosen kedua bergelar Doktor di Fakultas Ekomomi Unisa. Sebelumnya sudah ada dosen senior Dr. Muhammad Yasin, mantan Wakil Rektor 2 Unisa.

Dr. Muhammad Umar  A, S.E.,M.M dengan nomor stanbuk C.203 14 009  berhasil meyakinkan tim penguji dengan judul disertasi Pengaruh Citra Hotel dan Kualitas Layanan terhadap Nilai dan Kepuasan Pelagggan Serta Dampaknya pada Getok Tular pada Hotel Berbintang di Provinsi Sulawesi Tengah.

Keberrhasilannya ini juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Komisi Promotor yang terdiri dari Promotor, Prof. Dr. Syamsul Bachri, S.E., M.Si dan Ko-Promotor, Dr. Elimawaty Rombe, S.E., M.Si dan  Wahyuningsih, S.E., M.Sc., Ph.D.

Sidang Promosi Doktor atau ujian terbuka yang dilaksanakaan hariRabu, tanggal 12 Januari 2022 itu, Muhammad Umar dicecar sejumlah pertanyaan terkait dengan isi disertasinya, Ia tampil tenang menjawab semua pertanyaan dan sanggahan dengan baik.

Dalam abstraknya yang diterima media ini, Dr. Muhammad Umar mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap nilai pelanggan pada hotel berbintang serta mengkaji pengaruh citra hotel  terhadap kepuasan pelanggan pada hotel berbintang di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu, mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada hotel berbintang dan mengkaji pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan serta mengetahui dan mengkaji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap getok tular pada hotel berbintang di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kualitas layanan terhadap getok tular pada hotel berbintang dan pengaruh citra hotel terhadap getok tular pelanggan pada hotel berbintang di Provinsi Sulawesi Tengah juga tak luput dari amatan dosen yang dikenal pekerja keras ini.

Menurutnnya, populasi dalam penelitianya itui adalah keseluruhan pelanggan yang menginap pada hotel  berbintang di provinsi Sulawesi Tengah dengan sampel dalam 330 responden. Sementara teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).

Hasil penelitian pria kelahiran Palu 18 September 1985 itu menunjukkan citra hotel berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan, namun citra hotel,kata putra pasangan Haji Umar A dan Hj Asnah ini  tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Sementara kualitas layanan menurut suami dari Adriani, SE yang telah memberikan tiga orang anak itu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Begitu juga nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap getok tular, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap getok tular dan citra hotel tidak berpengaruh signifikan terhadap getok tular.

Adapun tim dosen penguji Wakil Dekan 1 Fakutas Ekonomi Unisa itu yakni, Ketua, Dr. Samsurizal M. Suleman, M.Si, Sekretaris, Dr. Edhi Taqwa, S.E., M.Si. Penguji 1,Prof. Dr. Rajindra, S.E., M.M yang juga penguji eksternal. Penguji 2, Dr. Rosida P. Adam, S.E., M.P, Penguji 3,Ponirin, S.E., M.Bus., Ph.D, Penguji 4, Dr. Maskuri Sutomo, S.E., M.Si, Penguji 5, Prof. Dr. Syamsul Bachri, S.E., M.Si, Penguji 6,Dr. Elimawaty Rombe, S.E., M.Si dan Penguji 7, Wahyuningsih, S.E., M.Sc., Ph.D. Wakil Dekan 1 Fekon itu berhasil meraih indeks presttasi kumulatif (IPK), 3,85.

Turut hadir dalam menyaksikan sidamg promosi Doktor Muhammad Umar, Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas bersama para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga dan Biro, serta Dekan Fakultas Ekonomi, Abd. Rahman, S.E.,M.M bersama para Wakil Dekan dan sejumlah dosen dan mahasiswa serta orang tua tercinta, istri dan anakk-anak tersayang.

Laporan; Ridwan Laki

 

 

 

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.