Fakultas Pertanian Unisa Kembali Ketambahan Dosen Bergelar Doktor

Fakultas Pertanian Unisa  Kembali Ketambahan Dosen Bergelar Doktor

Palu-WartakiatΙ Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Alkhairaat (Unisa), kembali ketambahan dosen bergelar Doktor. Setelah sebelumnya dosen senior sekaligus sebagai dosen DPK LLDIKTI Ir. Sitti Sabariyah D, berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dalam bidang ilmu Peranian di Universitas Tadulako (Untad), akhir tahun 2021 kemarin.

Dr. Ir. Sitti Sabariyah D berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Penggunaan Jamur Pelapuk Putih untuk Meningkatkan Nilai Nutrisi Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Bahan Pakan Ternak. Sidang Ujian terbuka  Promosi Doktor  yang digelar secara daring itu berlangsung lancar dan penuh haru.  Dr. Ir Sitti Sabariyah pada media ini mengaku sengaja memilih tempat Ujian Promosi  Doktoralnya di ruang sidang  fakultas Pertanian Unisa agar semua civitas akademika Pertanian Unisa selain bisa mengukuti secara daring, mereka juga bisa menghadiri secara langsung. Turut hadir Rektor Universitas Alkhairaat, Dr. Umar Alatas, Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Fachruddin A. Yahya, Wakil Rektor bidang Keuangan, Marjun, S.E.,M.M Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr. Ahmadan, S.Ag.,M.H.I.

Selain itu, turut hadir suami tercinta, Drs. Muhammad Jufri, M.Si, Ketua Senat Universitas, Dr. Ir. Aris Aksarah, M.P, Ketua Komisi Etik Universitas, Dr. Ir. H. Kasman Jaya, M.Si, Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Arfan, S.P.,M.Sc dan para dosen dilingkungan fakultas Pertanian dan para undangan.

Dr.Ir.  Sabariyah mengaku keberhasilannya menyelesaikan studi ini tidak terlepas dari doa dan dukungan semua pihak, khususnya suami tercinta, Rektor Unisa, Dekan Fakultas Pertanian dan masih banyak yang lain yang sudah berjasa memberikan dorongan moril maupun materil.

“Alhamdulillah, terimakasih ya Allah, semua yang telah berjasa pada saya tidak bisa saya membalasnya, kecuali dengan doa, mengingat saya belum pulih benar dari sakit,  pencapaian ini saya dedikasikan untuk semuanya, suami, anak-anak, keluarga, pak Rektor, pak Dekan, sejawat dosen, pegawai, mahasiswa,  promotor, co promotor dan para penguji, saya ucapkan jazakumullah khairul jaza,”ucapnya dengan mata berbinar.

Secara khusus, Dr. Ir. Sitti Sabariyah D, M,Si mengucapkan terimakasih kepada Prof. Ir.Rusdi, M.Agr.Sc,Ph.D selaku Promotor sekaligus sebagai penguji, Prof. Ir. Damr, M.Sc.Agr.Ph.D sekaligus sebagai penguji, Prof. Ir. Asriani Hasanuddin,M,Si selaku co Promotor, juga sebagai penguji, Koordinator Progra Studi Doktoral Ilmu Pertanian Prof. Dr. Ir. Made Antara, M.P yang juga Sekretaris Ujian Terbuka, Prof. Dr. Syamsul Bachri,S.E.,M.Si selaku Ketua Ujian terbuka.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada para penguji lainnya Dr. Ir. Jamila Mustabi,S.Pt.,M.Si.,IPM,  selaku penguji eksternal dari Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (UNHAS), Prof. Ir. Marsetyo,M.Sc.,Ag.,Ph.D.,IPU.,ASEAN Eng, Dr. Ir. Abdullah Naser, M.P.

Dekan Fakultas Pertanian Unisa, Dr. Arfan pada media ini, Kamis, (6/1), mengatakan keberhasilan Dr Ir Sitti Sabariyah ini dapat menjadi motivasi bagi dosen Faperta lainnya baik yang sedang studi maupun yang akan akan melanjutkan studi doktoralnya.

“Alhamdulillah dengan selesaianya Ibu Dr. Sitti Sabariyah ini, SDM Dosen di Faperta makin menjanjikan, tinggal target kita saat ini adalah akreditasi dua program studi di Pertanian Unisa ikut ikut terkatrol sehingga luaran Unisa khususnya Pertanian menjadi magnet tersendiri bagi kampus kita ini,”pungkasnya.

Laporan: Ridwan Laki

 

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.