Unisa Gelontorkan Dana Hibah Penelitian dan Pengabdian Untuk Para Dosennya

Unisa Gelontorkan Dana Hibah Penelitian dan Pengabdian Untuk Para Dosennya

Palu-Wartakiat| Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. Umar Alatas,S.Pi.,M.Si menyerahkan secara simbolis dana hibah penelitian dan pengabdian internal pada sejumlah dosen Unisa yang proposalnya dinyatakan memenuhi syarat oleh tim reviewer untuk mendapatkan pembiayaan. Penandatanganan kontrak yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Unisa itu berlangsung di aula microteaching, Fakultas Agama Islam, (FAI), selasa, (28/12).

Rektor mengatakan, penyerahan dana hibah itu merupakan komitmen Universitas Alkhairaat untuk meningkatkan mutu institusi, khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

” Ini adalah bentuk komitmen kami sebagai pimpinan serta menjalankan salah satu hasil keputusan rapat kerja beberapa waktu lalu, yang mengamanahkan agar Universitas mengalokasikan dana sebagai stimulus bagi para dosen untuk melaksanakan  tri dharma, khususnya dua dharma ini, walaupun  nilainya belum seberapa, namun setidaknya ini upaya bisa menjadi stimulus bagi para dosen lain,” tandasnya.

Menurut Rektor Umar Alatas, walaupun nominal dana yang disiapkan masih minim, namun tidak mengurangi makna bagi para dosen untuk terus berkarya melahirkan karya terbaik dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

” Terus terang, kami sempat ditegur oleh yayasan karena dananya dinilai belum mencukupi jika dibandingkan dengan ketersediaan jumlah dosen yang ada di Unisa saat ini,” jelasnya.

Rektor berharap, dana hibah ini dapat dimaksimalkan dengan baik. Jika dua dharma  berjalan dengan baik,  menurut Rektor, maka nilai akreditasi institusi otomatis ikut terkatrol.

Ketua LPPM Unisa, Abdul Kadir Alkaf mengatakan, dari sekian banyak judul yang masuk, hanya ada 33 judul proposal yang dinyatakan lolos oleh reviewer dengan dengan total pembiayaan senilai 165 juta lima ratus ribu rupiah.

“Iya, benar, ada 33 judul yang dibiayai oleh dana hibah dari Universitas, dengan rincian 8 judul untuk penelitian lanjutan, senilai 56 juta rupiah, penelitian dasar, 10 judul, senilai 40 juta rupiah, pengabdian skim pelatihan, 60 juta rupiah dan pengabdian skim penyuluhan , 7 juta lima ratus ribu rupiah. Total keseluruhan, 163 juta 500 ribu rupiah,” Terima kasih pak Rektor,” Tutupnya.

Kegiatan ini turut disaksikan oleh Ketua Senat Universitas Alkhairaat, Dr. Ir. Aris Aksarah, M.P, Ketua Komisi Etik, Dr. Ir. Kasman Jaya, M.Si, Wakil Rektor 1, Dr. Fachruddin A. Yahya, M.Si, Wakil Rektor 2, Marjun, S.E.,M.M, Wakil Rektor 3, Dr. Ahmadan, S.Ag.,M.H.I, dan para Dekan dilingkungan Unisa.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.