Fakultas Perikanan Unisa Perkenalkan Program Coastal Smart Village

Fakultas Perikanan Unisa Perkenalkan Program Coastal Smart Village

Parimo-Wartakiat| Fakultas Perikanan Universitas Alkhairaat (Unisa), Palu memperkenalkan program Desa Pesisir Cerdas atau Coastal Smart Village di desa Torue kecamatan Torue kabupaten Parigi Moutong baru-baru ini.

Dekan Fakultas Perikanan Unisa, Dr. Ahsan Mardjudo mengatakan program itu beririsan dengan kegiatan praktek mata kuliah mahasiswa Fakultas Perikanan yang dirangkaikan dengan sosialisasi program desa pesisir cerdas atau coastal smart village serta sosialisasi mahasiswa baru Unisa di wilayah itu.

“Program desa pesisir cerdas ini kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong yang mengacu pada MoU antara Unisa dengan Pemda Parimo. Pak Bupati meminta Unisa agar desa tersebut dijadikan desa binaan “kata Dekan menirukan ucapan Bupati Parimo.

Menurut Mantan Wakil Rektor 1 itu, program ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat dan  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong. Dr Ahsan mengatakan, program desa pesisir cerdas adalah pemberdayaan masyarakat berbasis sumberdaya perikanan dan kelautan. Dia menyebutkan tiga program utama, yakni pengelolaan sumberdaya perikanan pesisir, pembangunan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, dan pendidikan dan pelatihan.

Ahsan menambahkan, pemilihan desa Torue sebagai sasaran kegiatan karena dinilai merupakan salah satu wilayah strategis dan potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Parigi Moutong dengan berbagai indikator, terutama sumber daya alam maupun dan sumber daya manusia yang mendukung.

‘’Desa Torue sengaja kami pilih karena memang memiliki potensi yang cukup bagus dan dukungan sumber daya,’’tambah mantan Ketua LPPM Unisa ini.

Fakultas Perikanan Unisa kata Dr Ahsan dipercayakan sebagai pelaksana teknis program ini akan menggandeng fakultas kedokteran dan fakultas lainnya di Unisa sebagai sarana implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Dia mengaku bersyukur program ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong maupun Pemerintah Desa Torue. Hal itu ditunjukkan dengan kehadiran Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong,  Muhammad Nasir, S.Pi, M.Si sekaligus membuka kegiatan tersebut menilai desa pesisir cerdas sebagai upaya memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir baik nelayan maupun pembudidayaan.

Nasir sangat mendukung program dari Fakultas Perikanan Unisa tersebut. ‘’Ini gagasan yang sangat bagus. Kami pemerintah kabupaten parigi mouton sangat mendukung,’’pungkasnya.

Laporan; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.