Tausyiah Habib Abdullah Reza Aljufri; Anjuran Mencintai Ahlul Bait

Tausyiah Habib Abdullah Reza Aljufri; Anjuran Mencintai Ahlul Bait

Palu-Wartakiat| Majelis Ziarah pimpinan Habib Zulfikar Al Idrus menggelar majelis di kediaman Habib Mustafa bin Saggaf Aljufri (Guru Mbaso), jalan mangga, Palu, dua hari lalu. Sahibul bait, Habib Mustafa, yang akrab disapa Guru Mbaso, bertindak sebagai pembawa acara menghadirkan Habib Abdullah Reza Aljufri sebagai penceramah.

Dalam tausiyahnya, Habib Reza Aljufri mengajak jamaah majelis ziarah dan ummat nabi Muhammad SAW untuk mencintai ahlul bait. Cinta kepada ahlul bait, kata Habib Reza adalah salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW untuk umatnya, keturunannya mendapat penghormatan dan rasa cinta seperti yang beliau terima. Sebagaimana anjuran dari sahabat termulia Rasulullah, Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq  yang mengatakan, “Cintailah Muhammad melalui cinta kepada para keturunannya (Ahlul Bait).”kata habib Reza.

Dalam Islam sendiri, lanjut dosen Fakultas Agama Islam Universitas Alkhairaat itu, Allah SWT dan Rasul-Nya telah mewajibkan seorang muslim untuk hormat dan cinta kepada Ahlul Bait. Namun khusus bagi Rasulullah, penentuan keturunannya diambil dari putri kesayanganya yakni Fathimah Az-Zahro. Hal ini ditegaskan oleh hadis yang artinyai, “Sesungguhnya Allah telah menjadikan keturunan setiap nabi dalam sulbinya. Dan Allah menjadikan keturunanku dalam sulbi Ali bin Abi Thalib.”jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, perintah terkait Ahlul Bait ini kemudian dijelaskan sebagai salah satu dari dua hal yang mesti dipegang teguh oleh umat Rasulullah. “Aku tinggalkan dua perkara yang sangat berharga pada kalian. Yang pertama adalah Kitab Allah, yang kedua adalah Ahlul Bait-ku,” riwayat Imam Muslim. Meskipun dalam riwayat Hakim disebutkan, “Yang kedua adalah sunnahku,”, namun riwayat Imam Muslim diakui semua ulama lebih kuat dalam periwayatannya,”lanjutnya.

Tak hanya itu, Al-Qur’an melalui surah Asy-Syura ayat 23 pun mengatur perintah untuk mencintai Ahlul Bait. Dalam ayat tersebut disebutkan, “Katakanlah (wahai Muhammad): Aku tidak meminta upah kepada  kalian kecuali rasa cinta kepada kerabatku,” Dalam tafsir disebutkan bahwa yang dimaksud kerabat disini adalah Ahlul Bait. Dengan demikian, jelas perintah memuliakan dan mencintai Ahlul Bait merupakan perintah langsung dari Allah yang wajib dipatuhi.

Pelaksanaan majelis ziarah juga dirangkaikan dengan pengukuhan laskar Guru Mbaso oleh ustadz Fachrudin, mereka adalah, husein, bakrie, amar, sahril, sugianto, dan faruq.

Laporan; Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.