Tohoku University Jepang Perpanjang Kontrak dengan Fakultas Kedokteran UNISA Palu

Tohoku University Jepang Perpanjang Kontrak dengan Fakultas Kedokteran UNISA Palu

Palu-WartakiatΙ Tohoku University lakukan perpanjangan kontrak dengan Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Anutapura Palu. Hal itu dikemukakan oleh Wakil Dekan bidang akademik dan Kemahasiswaan dr Wijoyo Halim pada Wartakiat.Com, Rabu, (5/10).

Menurut dia, penandatanganan perpanjangan kerjasama antara Tohoku University dan Fakultas Kedokteran UNISA serta RSUD Anutapura Palu sudah dilakukan oleh pada bulan September 2022 kemarin di Tohoku University Graduate School of Medicine, Sendai, Jepang Utara. Tohoku University, kata Wijoyo Halim, merupakan Universitas ranking pertama menurut Times Higher Education (THE) tiga tahun terakhir.

Ia mengaku bersyukur Tohoku University kembali antusias melakukan perpanjangan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu dan Rumah Sakit Umum Anutapura Palu sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat.

Kerjasama lintas negara itu kata Wijoyo, melingkupi bidang pendidikan dan riset/penelitian bersama. Dalam bidang pendidikan, lanjut dokter ahli syaraf itu telah dilakukan berupa pengiriman mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISA Palu ke Sendai sejak tahun 2018 untuk mengikuti program pengenalan teknologi kedokteran pada fakultas kedokteran Universitas Tohoku maupun Rumah Sakit Pendidikan Tohoku di Sendai.

“Hampir setiap tahun mahasiswa FK Unisa mendapatkan kesempatan ini, tetapi tahun ini dilaksanakan secara online meeting karena masih dalam keadaan pandemi covid-19,”katanya.

Penandatanganan MoU yang dilakukan secara daring itu diawali oleh dekan FK Tohoku University, Nobuo Yaegashi dan Dekan FK UNISA Palu dr. A. Mukramin Amran, Sp.Rad dan direktur RS Anutapura dr. Maria Rosa Da Lima Rupa, M.Biomed. Kerjasama itu akan berakhir pada Juli 2027.

Wijoya berharap, dengan perpanjangan kontrak kerjasama ini semakin menarik minat calon mahasiswa untuk belajar ilmu kedokteran di FK UNISA Palu sekaligus menambah pengetahuan dan melihat langsung perkembangan dunia kedokteran di Jepang. Selain itu, para dosen di FK UNISA Palu juga dapat melanjutkan pendidikan dan melakukan penelitian bersama dengan Fakultas Kedokteran Tohoku University.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *