Guru Besar IPB University Tekankan Aspek Uluhiyah Untuk Lolos Hibah Dikti

Guru Besar IPB University Tekankan Aspek Uluhiyah Untuk Lolos Hibah Dikti

Palu-WartakiatΙ  Guru Besar IPB University Prof Dr Ir Kudang Boro Seminar, M.Sc berbagi ilmu di kampus Universitas Alkhairaat (Unisa), Guru Besar Teknologi Komputer di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem IPB University  itu berbagi llmu selama dua hari di kampus yang  terletak di jalan Diponegoro itu. Rabu pagi memberikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Universtas Alkhairaat dan keesokan harinya sharing session Kiat Sukses Lolos Hibah Dikti.

Pantauan media ini para dosen dan mahasiswa terlihat serius dan antusias mengikuti materi yang disajikan, suasana terlihat senyap, karena semua mata tertuju pada satu titik, hanya suara Prof Kudang yang terdengar dengan suara khasnya yang teduh. bahkan, Ketua LPPM Unisa periode 2019-2023,  Abdul Kadir Alkaf saking seriusnya, memilih duduk paling depan.

Menurut Abdul Kadir, ada yang menarik dari materi ini,  Prof Kudang mampu memadukan aspek administrasi, substansi  dan aspek teamwork kedalam aspek uluhiyah. Artimya kata Abdul Kadir aspek uluhiyah menjadi  aspek terpenting dalam lolosnya hibah dikti.

Prof Kudang yang mengaku juga berguru kepada Ketua Utama Alkhairaat, H.S. Alwi Saggaf Aljufri menerangkan bahwa aspek uluhiyah salah satu aspek yang jarang dipraktekkan oleh peneliti muslim dalam melakukan riset. Dia memberikan gambaran, tiada suatu hajat terjadi tanpa ijin dan qudrohnya, luruskan niat riset, mintalah (bermunajat) sebagai tim faqir kepada Allah, tawakkal atas hasil apapun yang menjadi wilayah wilayah otoritas Allah (Wilayatullah).

Sementara aspek lainya juga penting sebagai syarat seperti perguruan tinggi sudah membangun kemitraan, penentuan skema program yang sesuai, detail kelengkapan administrasi. Selain itu, topik yang sesuai dengan keahlian, pengusul (Ketua dan anggota), road map riset yang mendukung dan menguatkan riset yang diusulkan sekarang, urgensi topik riset saat ini  dan mendatang, keunggulan, kebaruan (novelty), dan keunikan riset (metodologi, solusi, data & teknologi yang digunakan, pustaka), potensi  dan kontribusi prospektif aplikasi dan saling mengenal dan berbagi tujuan riset, ide, dan mengundang solusi kreatif dan inovatif dari semua anggota, konsolidasi maksud, komitmen dan kerja tim, peran ketua membangun komunikasi progress riset dan mengingatkan agenda yand sudah, sedang dan yang akan dilakukan, jadwal pertemuan periodik(daring atau luring), ada keteladanan yang menjadi perhatian tim dalam dalam perolehan riset. Ketua perlu perlu ekstra dalam inisiatif, keampuan leadershipnya.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian sertifikat penghargaan kepada narasumber oleh Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr Muhammad Yasin, S.E.,M.P.

Laporan: Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *