FKIP UNISA Resmi Miliki Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Peminat Diyakini Akan Membludak

FKIP UNISA Resmi Miliki Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Peminat Diyakini Akan Membludak

Palu – WartakiatI  Kabar gembira menyelimuti keluarga besar Universitas Alkhairaat (Unisa),  usai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah 16, Munawir Sadzali Razak mengumumkan secara resmi atas terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 132/E/0/2024 tertanggal 17 Januari 2024 tentang izin pembukaan Program Studi  Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). Program Sarjana pada Universitas Alkhairaat di kota Palu.

“Selamat atas terbitnya; Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 132/E/0/2024 tertanggal 17 Januari 2024 tentang izin pembukaan Program Studi  Pendidikan Teknologi Informasi Program Sarjana pada Universitas Alkhairaat di kota Palu,” Kata Munawir di akun WhatsApp Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Sulawesi Tengah, Selasa, (23/1).

Rektor Unisa, Dr. Muhammad Yasin, SE.,MP menyambut baik kehadiran prodi PTI tersebut. Ia yakin prodi ini akan menjadi prodi favorit yang akan diminati oleh banyak mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) nanti.

“Saya yakin prodi ini akan memberi peluang kerja yang luas bagi alumninya,” kata Yasin

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unisa, Idrus Aljufri, M.Pd menambahkan bahwa prodi PTI akan menjadi tumpuan ketersediaan guru Pendidikan Komputer di sekolah-sekolah yang selama ini kekurangan guru TKJ.

“Prodi ini menggabungkan dua keahlian, yaitu terampil dalam pembelajaran kelas dan juga terampil dan menguasai teknologi informasi dalam pembelajaran, saya perkirakan peminat akan membludak,” kata Idrus Aljufri.

Lulusan prodi PTI kata mantan Dekan FKIP dua periode ini memiliki peluang kerja yang sangat luas, tidak hanya di sektor pendidikan, tetapi juga di dunia industri. Hal ini karena teknologi informasi saat ini menjadi kebutuhan dan menjadi bagian integrasi dari semua aspek kehidupan dan bisnis.

Prodi PTI dirancang dengan kurikulum yang memberikan keterampilan praktis yang tinggi, termasuk pemprograman komputer, pengembangan perangkat lunak, manajemen basis data, dan jaringan komputer. Mahasiswanya nantinya didorong berpikir kreatif, menciptakan solusi baru dengan mengembangkan inovasi baru atau sistem inovasi baru.

Prodi PTI juga telah dirancang dengan berpedoman pada kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Nantinya, prodi PTI akan bekerjasama dengan perusahaan dan industri terkait dengan penyelenggaraan magang. Hal ini membantu mahasiswa membangun jaringan profesional dan mendapatkan pengalaman praktis.

Unisa berharap dengan dibukanya prodi PTI, dapat turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan menerangi dunia pendidikan Indonesia.

Dengan lahirnya prodi PTI ini, berarti FKIP UNISA saat ini sudah memiliki tiga program studi, yakni Pendidikan Bahasa dan  Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Teknologi Informasi.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *