FK UNISA dan RSU SIS Aljufri Hadiri Undangan dari Pusat Krisis Kemenkes RI di Bandung

FK UNISA dan RSU SIS Aljufri Hadiri Undangan dari Pusat Krisis Kemenkes RI di Bandung

Palu-WartakiatΙ Delegasi Fakultas Kedokteran (FK),Universitas Alkhairaat (UNISA), Palu  yang diwakili oleh dr.Nasrun,S.H.,M.Sc dan Direktur RSU SIS Aljufri, dr.Magfirah Al Amri,MARS kembali memenuhi undangan dari Pusat Krisis Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, bertempat di hotel Aston Pasteur Bandung, 25- 28 Maret 2024.

Keduanya mewakili institusi kesehatan Alkhairaat menghadiri undangan Pusat Krisis Kementrian Kesehatan RI dalam rangkaian kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas dalam Safe Hospital tingkat Propinsi, yang merupakan salah satu upaya pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan.

Selain itu kata dr.Nasrun, untuk memperkuat ketahanan rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya, dalam menghadapi kegawatdaruratan bencana dan krisis kesehatan lanjut dr Nasrun melibatkan akademisi dan tenaga organik tim medis dan kesehatan.

Pada kesempatan itu, dr.Nasrun, menyampaikan latar belakang keikutsertaan mereka pada kegiatan workshop itu, sesuai amanah UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana serta UU nomor 17 Tahun 2023  tentang Kesehatan, yang menyatakan bahwa salah satu tanggung jawab pemerintah, melakukan upaya pengurangan risiko bencana dan pemaduan pengurangan risiko bencana dengan program pembangunan, antara lain melakukan mitigasi infrastruktur esensial, termasuk fasilitas pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Direktur RSU SIS Al Jufrie dr.Magfirah Al Amri,MARS menilai kegiatan workshop semacam ini sangat bermanfaat bagi rumah sakit yang dipimpinnya sebagai  RSU yang telah berpengalaman  sebagai posko komando penanganan korban gempa bumi, tahun 2018  silam bersama tim relawan dari FK UI-RSCM dan MER-C.

Ia berharap mendapatkan output dari workshop ini, sehingga rumah sakit lebih  siap dan sigap mitigasi bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam.

Workshop ini juga diikuti oleh delegasi dari Sulawesi antara lain, FK UNTAD, RSUD Undata dan RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *