Halal Bi Halal di Dampelas: Pemda Donggala, WIA dan Unisa Palu Sepakat Lakukan Pembinaan Ummat

Halal Bi Halal di Dampelas: Pemda Donggala, WIA dan Unisa Palu Sepakat Lakukan Pembinaan Ummat

Donggala-WartakiatΙ Halal bi halal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Dampelas, Wanita Islam Alkhairaat (WIA), Donggala dan Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu menghasilkan beberapa kesepakatan penting dalam rangka pembinaan umat di wilayah tersebut. Selasa (30/4).

Dalam sambutannya, Ketua Wanita Islam Alkhairaat Kabupaten Donggala, Hj. Selfi, menyampaikan keprihatinannya atas kondisi banyaknya madrasah Alkhairaat di wilayah itu yang nyaris tutup karena mengalami kesulitan akibat kurangnya perhatian dari pemerintah daerah dan masyarakat.

“Perhatian dan dukungan dari sejumlah pihak sangatlah penting untuk menjaga dan memajukan pendidikan di wilayah ini,” kata Hj. Selfi.

Wakil Rektor bidang akademik, Universitas Alkhairaat, Idrus Aljufri, S.H., M.Pd, pada kesempatan itu mengatakan, kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan masyarakatnya. Menurutnya, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah sangat bergantung pada tingkat pemahaman dan pendidikan warganya.

lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa kehadiran pendidikan Alkhairaat di wilayah kabupaten Donggala merupakan mitra pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembinaan umat.

“Oleh karena itu, sudah sewajarnya pemerintah memberikan perhatian terhadap madrasah-madrasah Alkhairaat,” kata Idrus.

Idrus memaparkan berbagai peluang dan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Donggala, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Donggala dan membuka peluang kemandirian ekonomi masyarakat melalui pembinaan dan pelatihan dari tenaga ahli yang dimiliki Universitas Alkhairaat.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Bupati Donggala Moh. Rifani menyambut baik kehadiran unsur Alkhairaat di tengah-tengah masyarakat. Ia mengakui bahwa keberadaan Alkhairaat telah memberikan banyak manfaat sebelum Indonesia merdeka,  dalam hal pembinaan ummat dan mencerdaskan masyarakat.

Ia pun menyatakan komitmennya untuk segera merespon berbagai hal yang disampaikan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) yang akan ditandatangani bersama sebagai bentuk keseriusan dan komitmen pemerintah Kabupaten Donggala.

“Diharapkan kedepannya program-program yang telah berjalan selama ini tidak lagi bersifat parsial tetapi melembaga,” kata Rifani.

Moh. Rifani juga menyampaikan bahwa beberapa dosen Universitas Alkhairaat sudah dilibatkan dalam beberapa OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Donggala.

Acara halal bi halal ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Universitas Alkhairaat, Dr. Abdurrahman Assegaf, S.E., M.M., Camat Dampelas, para kepala desa se Kecamatan Dampelas, dan tamu undangan lainnya.

Laporan: HUMAS UNISA

Editor: Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *