Pemda Suleng dan Banggai Laut Kerjasama Pengelolaan dan Pemanfaatan TPI

Pemda Suleng dan Banggai Laut Kerjasama Pengelolaan dan Pemanfaatan TPI

Palu-WartakiatΙ Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Banggai Laut pada sektor kelautan dan perikanan, khususnya pada pengelolaan dan pemanfaatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Untuk membahas lebih teknis hal tersebut, digelar rapat yang dipimpin langsung Sekretaris daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Novalina, diruang kerjanya.

Turut hadir pada tersebut adalah, Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Arif Ladjuba dan Kadis Perikanan Banggai Laut, Sumarto.

Selain itu, juga hadir  Kabid Perikanan Tangkap DKP Sulteng, Herdianto, Kasub keungan dan aset DKP Sulteng, Ilham dan Kepala UPT Pelabuhan Perikanan dan  Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Wilayah VI (PP-KKP3K) DKP Sulteng, Jufri Lahmadi.

Pada media ini, Jufri mengatakan, rapat tersebut dilaksanakan pada hari kamis tanggal 2 mei 2024 dimulai pukul 09.00 Wita  diruang kerja Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan itu kata alumni Fakultas Perikanan (Faperik), Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu itu dicapai beberapa kesepakatan antara lain, pekerjaan seperti Solar Pucked Dealer Nelayan (SPDN) dalam proses, jalan menuju pelabuhan perikanan mato dalam proses pekerjaan dan pengusulan jaringan wifi untuk SPDN dan  pelabuhan perikanan mato juga dalam proses pengerjaan.

Aktvis eksponen 1998 itu juga mengatakan, pelabuhan perikanan yang sering disebut masyarakat setempat adalah pantai mato beralamat di desa Gonggong kecamatan Banggai Tengah. Selain itu, pelabuhan perikanan mato cukup strategis dalam melakukan bongkar muat hasil tangkapan ikan dilaut.

“Kami juga berupaya agar pelayanan publik seperti Surat Laik Operasi  (SLO) dan  Surat Persetujuan Berlayar (SPB) akan diterapkan secepatnya,”katanya.

Saat ini kata Jufri, ada sekitar 200 unit kapal berkapasitas 25 sampai 30 Groston (GT), yang  perlu diarahkan untuk bongkar muat di pelabuhan perikanan mato. Secara khusus dia mengapresiasi dukungan sepenuhnya dari Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa.

Laporan: Ridwan Laki

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *