FK Unisa Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Pembicara dari Universitas Terkemuka di Malaysia

FK Unisa Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Pembicara dari Universitas Terkemuka di Malaysia

Palu-WartakiatΙFakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu untuk pertama kalinya mengadakan konferensi internasional dengan menghadirkan narasumber dari Universiti Sains Malaysia (USM), Associate Prof Dr Anees Janee Ali dan  Associate Prof Dr Yazrina Yahya dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Kegiatan itu  dilaksanakan di Aula Fakultas Kedokteran Unisa, Senin, (24/6).

Salah seorang panitia pelaksana, dr Muhammad Idham Rahman yang dihubungi media ini  mengatakan, konferensi tersebut mengangkat tema, Internationalization of Higher Education: Challenge and Best Practice for Faculty Development and Student support. Tema ini dipilih, kata Idham, sebagai  persiapan FK Unisa untuk bisa lebih berkontribusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan global.

“Dengan internasionalisasi, Unisa diharapkan dapat mengembangkan pendidikan dan penelitiannya menjadi skala dunia,”singkatnya.

Acara tersebut dihadiri tidak kurang 170 mahasiswa prodi kedokteran, perwakilan mahasiswa dari enam fakultas di Unisa, mahasiswa dan dosen program pascasarjana Unisa, para dekan dilingkungan Unisa, perwakilan dosen dan staf pendidik juga turut  diundang pada kegiatan konferensi internasional itu.

Konferensi diawali dengan pemaparan gagasan pengembangan fakultas dari berbagai program studi pendidikan, mulai dari gagasan program pascasarjana dalam tridharma perguruan tinggi, dilanjutkan pemaparan dari FK Unisa tentang pembelajaran interprofesi dengan pendekatan multisektoral dan ditutup dengan pemaparan FKIP terkait pengembangan program bidang pendidikan.

Untuk diketahui, Associate Prof Dr Anees Janee Ali juga didampingi salah seorang mahasiswa doktoralnya, Mr. Salameh Al Khazaleh, yang tampil memukau memberikan paparan tentang bagaimana pengembangan institusi dalam mempersiapkan internasionalisasi. Selanjutnya, penjelasan Associate Prof Dr Yazrina Yahya memberikan pencerahan kepada mahasiswa tentang bagaimana mempersiapkan diri sebagai pelajar untuk bisa berpartisipasi dalam komunitas global.

Kegiatan ini diharapkan menjadi awal untuk terbentuknya kerjasama multisektoral antara FK Unisa, Unisa, UKM dan USM dalam mewujudkan masyarakat sehat dan berkontribusi terhadap terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Acara itu juga turut dihadiri oleh Rektor Unisa Palu, Dr Muhammad Yasin, sekaligus membuka acara dengan resmi, Wakil Rektor 1 bidang akademik, Idrus Aljufri, Dekan FK, H.A Mukramin Amran, yang memberikan ucapan selamat datang. Dekan FKIP, Siti Hadija Alaydrus, Dekan Ekonomi, Dr Muhammad Umar, Dekan Sastra, Syamsuddin dan Dekan FAI Dr Abdul Gafar Mallo.

Laporan: Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *