Tiga Perguruan Tinggi di Palu dan Perguruan Tinggi Asal Malaysia Kompak Jaga Ekosistem Pantai

Tiga Perguruan Tinggi di Palu dan Perguruan Tinggi Asal Malaysia Kompak Jaga Ekosistem Pantai

Palu-WartakiatΙ Tiga perguruan tinggi di Kota Palu, Universitas Alkhairaat (UNISA), Universitas Abdul Azis Lamadjido (AZLAM),  dan Universitas Islam Negeri (UIN), Datokarama Palu berkolaborasi dengan Universitas Sains Malaysia (USM) dan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), bersama-sama menjaga eksosistem pantai di Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Indonesia.

Perguruan tinggi asal negeri Jiran itu terlihat antusias mengikuti kegiatan yang sudah diprogramkan itu, setelah beberapa hari, Prof Madya Dr Yazrina Yahya, Universitas Kebangsaan Malaysia dan Associate Prof Dr Anees Janee Ali dan mahasiswa program doktoral Salameh Al Khazaleh, Universitas Sains Malaysia berkutat dengan jadwal yang padat di dalam ruangan.

Kerjasama lintas negara  ini, juga bertujuan menggalakkan kegiatan layanan masyarakat, khususnya pada aspek pendidikan, penelitian serta pengembangan komunitas serta upaya konservasi alam. Kegiatan itu difokuskan di Pantai  Talise atau lebih dikenal dengan Kampung Nelayan Kota Palu. Kegiatan sosial itu melibatkan 200 peserta, terdiri dari para  pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Rektor Universitas Alkhairaat Palu, Dr Muhammad Yasin kepada bari-baru ini mengatakan, kerjasama yang dibangun tersebut tidak hanya bertujuan untuk memperkuat hubungan antar universitas tapi juga diharapkan bisa memberikan dampak positif terutama bagi kelestarian lingkungan dan kelangsungan ekosistem pesisir pantai teluk Palu .

Selain kerjasama dalam menjaga ekosistem laut atau kelestarian lingkungan,lanjut Yasin, semua pihak tentunya berharap bisa menjalin kerjasama di bidang lainnya.

‘’Jadi tidak hanya kerjasama di bidang perikanan dan kelautan saja tapi juga kerjasama di bidang lainnya,’’tutupnya.

Laporan: Ridwan Laki

 

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *