Devisit, Wings Air Hentikan Penerbangan Ke Ampana

Devisit, Wings Air Hentikan Penerbangan Ke Ampana

Ampana-Maskapai penerbangan Wings Air hentikan penerbangan ke Kota Ampana Kabupaten Tojo Una-Una mulai tanggal 3 Oktober 2019.

Keputusan itu tertuang dalam surat bernomor 14/DIIW/IX/2019 perihal Pemberitahuan Penghentian Operasi Penerbangan yang ditujukan kepada Bupati Tojo Una-Una, tertanggal 23 September 2019 ditandatangani oleh Direktur Keuangan Edward Sirait atas nama Direksi Wings air.

Dalam surat itu diawali ucapan terimakasih kepada masyarakat Tojo Una-Una yang telah memberikan sambutan dan dukungan hingga Wings air dapat beroperasi dan berjalan dengan baik melayani penerbangan dari Kota Palu ke Ampana pulang pergi.

Sirait menyampaikan permohonan maaf kepada Bupati atas dan masyarakat Tojo Una-Una bahwa sejak tanggal 3 Oktober akan menghentikan operasi penerbangan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“mohon maaf pak Bupati, terpaksa dengan berat hati, Wings Air akan menghentikan penerbangan mulai tanggal 3 Oktober 2019 sampai waktu yang tidak ditentukan,” ujarnya dalam surat itu.

Penghentian operasi penerbangan, kata Sirait, terpaksa mereka lakukan disebabkan dalam setiap penerbangan yang dilaksanakan masih mengalami kerugian.

Ia menyebutkan penyebab kerugian yang paling utama adalah harga bahan bakar avtur yang jauh diatas harga avtur yang dikenakan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang yang harga perliter 7.970 sementra harga avtur yang dikenakan di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri 10.080 perliter.

Selain kata Sirait, jumlah penumpang anjlok dan belum optimal juga menjadi salah satu penyebab.

Namun ia berjanji, penerbangan akan dioperasikan kembali jika harga avtur yang diberlakukan sudah berada pada tingkat harga yang tidak menyebabkan kerugian atau jumlah pendapatan sudah menutupi biaya operasional untuk setiap penerbangan pada kapasitas jumlah permintaan atau penumpang yang ada.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares