Dosen Sastra Unisa Terima Penghargaan dari FAM

Dosen Sastra Unisa Terima Penghargaan dari FAM

Palu-Forum Aktif Menulis (FAM) Sulawesi Tengah, memberikan penghargaan kepada dosen senior Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Tjajtjo Al Idrus atau populer dengan nama Tjajtjo Tuan Sjaihu dan Mas’amah Mufti.

Keduanya tercatat sebagai Dosen Luar Biasa Fakultas Sastra Unisa. Selain aktif mengajar keduanya juga aktif menulis, karya-karyanya sudah banyak beredar di masyarakat, berupa buku dalam bentuk novel maupun puisi.

Keduanya diberi penghargaan atas pengabdiannya dalam dunia sastra, dosen senior itu dinilai berjasa dalam dunia sastra dan seni di Sulawesi Tengah terutama karya puisi.

“Memberikan penghargaan kepada senior sebagai bentuk apresiasi, agar bisa menjadi contoh dan diikuti oleh penyair junior,”ungkap Ketua FAM Sulteng Loddy Surentu, Selasa (22/10/2019) malam.

Menurutnya, membaca karya mereka ini adalah hal yang luar biasa, karena karya mereka keluar dari hati, rintihan hidup, gambaran hidup diungkapkan di atas kertas, sesuai dengan karakter masing-masing.

Lody mengaku, melihat karya-karya Tjatjo Tuan Saichu, sangat kental nilai-nilai religius, kritis atas kondisi sosial di masyarakat yang terpinggirkan.

Sementara Mas’amah, dinilai sebagai wanita pertama di Sulawesi Tengah yang sangat produktif, telah melahirkan karya tulis yang cukup banyak. Menulis tentang kegelisahan, yang dituangkan dalam buku apa yang dia lihat, dia dengar dalam perjalanan hidupannya, itu tergambar dalam buku-buku yang dia tulis bersama dengan para penulis dan penyair-penyair lain, hingga melahirkan 24 buah buku.

“Sosok bunda Mas’amah, adalah pribadi yang bersahaja, murah hati, ramah dan separuh hidupnya untuk dunia sastra dan banyak membimbing kami,” kata Loddy.

Dekan Fakultas Sastra Unisa, Syamsuddin, memberikan apresiasi ataa prestasi kedua dosennya itu.

“Saya harap, para mahasiswa Fakultas Sastra Unisa bisa mengikuti prestasi kedua dosen kita ini, ” tutupnya.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares