Jurnal Unisa Hadiri Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal Nasional

Jurnal Unisa Hadiri Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal Nasional

Palu-Jurnal Agroland Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Tadulako (Untad), bekerjasama dengan Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI), dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), menggelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Nasional dua hari lalu di salah satu hotel di Palu.

Wakil Dekan II Fakultas Pertanian (Faperta), Untad, Dr. Rustam Abd. Rauf, yang juga sebagai pengelola jurnal Agroland memfasilitasi kegiatan itu mengatakan, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan itu, selain peserta dari Sulawesi Tengah, peserta juga banyak yang berasal dari luar Sulawesi Tengah, seperti Universitas Nusa Cendana, Timor, NTT. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya, Jawa Timur. Universitas Borneo, Tarakan, Kalimantan Utara, Universitas Jambi, Universitas Mataram, NTB dan sejumlah Perguruan Tinggi lainnya.

Materi yang disuguhkan kata Rustam, Kebijakan dan Program Akreditasi Jurnal yang disampaikan oleh Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristek Dikti. Selain itu, kata pria yang mengelola jurnal sejak masih berstatus calon pegawai negeri sipil itu peserta juga disuguhkan materi Evaluasi Kesiapan Substansi Akreditasi Bidang Keilmuan yang disampaikan boleh asesor nasional Prof.Dr. Ir. Kuswanto, Muhammad Arsyad, Ph.D dan asesor nasional lainnya.

Ia mengatakan, peserta yang telah didampingi langsung oleh para asesor jurnalnya segera dibenahi berdasarkan catatan dari para asesor sehingga secepatnya terakreditasi nasional.

“target kami dari workshop ini, dari 41 jurnal yang telah mendapat pendampingan langsung dari asesor percepatan akreditasi nasional, ada segera melakukan pembenahan, agar secepatnya terakreditasi nasional, khususnya jurnal dari Untad,” katanya pada wartakiat.com, Ahad, (06/10).

Universitas Alkhairaat (Unisa), turut berpartisipasi dengan mengirim pengelola jurnal mengikuti kegiatan yang dihelat tanggal 3-5 Oktober 2019 itu yakni Jurnal Abditani, Pengolahan Pangan, dan Agrotech, Fakultas Pertanian. Jurnal Trend, Fakultas Ekonomi. Jurnal Guru Tua, FKIP. Jurnal Medika Alkhairaat, Fakultas Kedokteran dan Jurnal Kiat dan Inovasi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM). (RL)

 

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares