Pelantikan DPR di Tengah Aksi Demo

Pelantikan DPR di Tengah Aksi Demo
Jakarta-Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) SI akan kembali melakukan aksi demo di sekitar Gedung DPR. Demo yang direncanakan dimulai sejak pagi tersebut tidak mengganggu jadwal pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024.

Anggota dewan yang terpilih menginap di beberapa hotel di sekitar Gedung DPR. Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan para anggota DPR akan diberangkatkan dari hotel menuju Gedung DPR mulai pukul 07.00 WIB.

“Jadi semua pagi, pukul 07.00 WIB sudah berangkat dari titik-titik penginapan semua. Jadi semua nanti sarapan dan sebagainya akan kami atur di sini, di Kompleks Parlemen, bukan di hotel. Jadi lebih awal berangkat pukul 07.00 WIB,” kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Meski demikan, acara pelantikan akan tetap sesuai jadwal yaitu pukul 10.00 WIB. Indra mengatakan acara pelantikan dimulai usai kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai pukul 10.00 WIB setelah kedatangan Bapak Presiden dan Wapres,” papar Indra.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan pelantikan anggota DPR 2019-2024 akan selesai sebelum pukul 12.00 WIB. Setelah pelantikan, Indra menuturkan akan digelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas agenda untuk siang harinya.

“Besok rangkaian pelantikan DPR, DPD dan MPR di jadwal selesai pukul 11.40 WIB. Setelah itu kami break makan siang, habis itu masuk lagi untuk pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah kami susun, persiapan ketua dan pimpinan DPR,” ujar Indra.

Indra mengatakan sidang akan dilanjutkan dengan Bamus yang dipimpin oleh pimpinan sementara. Pimpinan sementara, menurut Indra, dipilih dari anggota yang tertua dan termuda.

“Setelah itu kami sudah susun ada Bamus kecil untuk menyusun acara sampai dengan sore atau malam. Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah pukul 14.00 WIB akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus,” jelas Indra.

Indra mengatakan pimpinan DPR akan dipilih pada hari ini jika memungkinkan. Jika tidak bisa dipilih hari ini, pelantikan pimpinan akan dilanjutkan besok malam.

“Sore itu, kalau disepakati, langsung penetapan pimpinan DPR. Kalau staminanya masih kuat, malam itu kami berkoordinasi dengan MA (Mahkamah Agung) untuk langsung diadakan pelantikan, malamnya, DPR. Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2 (Oktober),” kata Indra.

BEM SI sendiri akan kembali melakukan aksi jelang pelantikan anggota DPR. Aksi tersebut merupakan aksi solidaritas yang dilakukan BEM SI Jakarta dan Jawa Barat.

“Besok kita akan ada aksi pengawalan pelantikan. Ini aksi solidaritas,” tutur Koordinator Lapangan BEM SI Muhammad Abdul Basit (Abbas) kepada detikcom, saat dihubungi terpisah.

Abbas mengatakan masih mengajukan tuntutan yang sama dengan aksi kemarin. Dia belum mengetahui berapa jumlah massa yang akan bergabung.

“Kalau secara massa belum bisa memastikan. Belum tanya estimasi,” tutur Abbas.

Abbas sendiri mengatakan aksi akan dilakukan mulia pukul 10.00 WIB. Dia memastikan aksinya merupakan aksi damai.

“Kita aksi bentuknya solidaritas. Kita nggak ada niat rusuh atau apapun,” ucapnya. (detik.com)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares