Pesan Almamater Rektor; Prioritaskan Pembenahan Organisasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Jejaring

Pesan Almamater Rektor; Prioritaskan Pembenahan Organisasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Jejaring

Palu-Rektor Universitas Alkhairaat, (Unisa), Dr. Umar Alatas mengatakan, diawal kepemimpinannya akan memprioritaskan pembenahan organisasi, akademik dan kemahasiswaaan, hingga memperluas jaringan untuk mencapai standar mutu perguruan tinggi yang dipimpinnya itu.
Hal itu dikemukakan Rektor dalam pesan almamaternya dihadapan ratusan wisudawan Unisa, Sabtu, (19/10) di kampus Unisa Jalan Diponegoro No. 39 Palu.

Untuk mewujudkan hal itu, ia mendorong seluruh dosen untuk studi lanjut (S3) serta mengikuti berbagai kegiatan dalam peningkatan soft skill, seperti mengikuti work shop, pelatihan akses jurnal dan Tutorial Mendeley dan lainnya.

Selain itu juga menganjurkan kepada seluruh dosen-dosen melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat baik mandiri maupun melalui pengajuan hibah yang didanai oleh Kementerian Ristek dikti.

“Alhamdulillah pengajuan proposal hibah penelitian dan pengabdian bagi dosen Unisa bulan September 2019 kemarin yang danai Ristek Dikti mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan dibanding tahun sebelumnya,”ujarnya.

Rektor juga mendorong para dosen untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan hasil-hasil riset di masyarakat. Hasil riset para dosen Unisa itu kata Rektor, dapat digunakan oleh masyarakat dalam memberdayakan ekonomi rumah tangganya.

Ia juga menyebutkan beberapa pencapain yang berkaitan dengan peningkatan mutu institusi yang telah dilakukan bersama jajarannya dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, yakni penyelesaian Studi Doktoral dua dosen tetap Univesitas Alkhairaat yakni Dr. Hj. Ratnawati yang menyelesaikan program S3 pada tanggal 8 Agustus 2019 di Program Studi Ilmu-ilmu Pertanian Universitas Hasanudin Makassar. Selanjutnya Dr. Jumardin menyelesaikan program S3 pada tanggal 7 oktober 2019 di Program Studi Ilmu Pertanian Universitas Tadulako Palu.

Ia juga menyebutkan Unisa sukses menggelar seminar Internasional kerjasama dengan Palang merah Internasional “Islam dan Humanitarian Values in Time Of Conflict” pada tanggal 9 September 2019 dengan Pembicara Dr. Ahmad Al-Dawoody, MA dengan Keynot Speaker Habib Ali bin Muhammad Aljufri.
Selain itu juga, Seminar Nasional yang diprakarsai oleh Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) dalam rangka mengantisipasi pertumbuhan Ekonomi Syariah Pasca penetapan Ibukota Baru, yang menghadirkan narasumber dari pusat (Direktur BNI Syariah dan Bank Indonesia) Bupati Sigi dan Wakil Bupati Donggala.

Rektor juga mengatakan, Unisa menjadi Perguruan Tiggi Swasta Pertama yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Bank Indonesia (BI)

“ Alhamdulillah Unisa menjadi PTS Pertama yang mendapatkan beasiswa sebanyak 50 mahasiswa, pemberiannya dirangkaikan dengan kuliah umum yang disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenah,” katanya.

Yang terbaru kata Rektor Unisa kembali sukses menggelar Seminar Internasional “Organisasi Massa islam, Masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang “ dengan narasumber Kevin William Foog, Ph.D, Akademisi dari universitas Oxford London Inggris dan Dr. H. Lukman S. Thahir, MA, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palu /Rektor Universitas Alkhairaat periode 2007-2011.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares