Kementerian Kesehatan Gandeng FK Unisa Gelar Seminar Calon Tim Kesehatan

Kementerian Kesehatan Gandeng FK Unisa Gelar Seminar Calon Tim Kesehatan

Palu-Sebanyak 246 Calon Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) mengikuti seminar Kesehatan Haji di Asrama Haji Palu, Kamis (21/11/2019), seminar terselenggara berkat kerjasama Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Kota Palu dan Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa).

Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Dr. Rosidi Roslan, mengatakan, seminar itu bertujuan meningkatkan pengetahuan terhadap para petugas penyelenggara haji, khusus bidang kesehatan. Kedepan, diharapkan ada inovasi-inovasi yang terkait kesehatan haji baik di Indonesia maupun nantinya saat berada di Arab Saudi.

“Menginformasikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang petugas kesehatan haji, agar jika nantinya saat terpilih sudah tau apa yang harus mereka lakukan di lapangan, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi. Terutama terkat pembinaan jamaah haji, Kesehatan, dan kerja-kerja di sana khususnya tim promotif dan prefentif,”jelasnya.

Calon tim kesehatan haji itu mengikuti seminar kesehatan haji secara online, baik yang berasal dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan dari Kalimantan.

Menurutnya, dalam waktu dekat, mereka akan mengikuti pelatihan di Samarinda dan Balikpapan, selanjutnya diumumkan yang dinyatakan lolos menjadi Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) oleh Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI menjelang keberangkatan jamaah Haji.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu dr. H.A Mukramin Amran, Sp.Rad melalui Wakil Dekan III, drg. Lutfia Hasabudin menguraikan, keterlibatan Fakultas Kedokteraan dalam kegiatan tersebut sebagai bagian dari implementasi Visi Fakultas Kedokteran Unisa yakni, “Menjadi Program Studi Kedokteran yang Menghasilkan Dokter Berkarakter Islami dan berwawasan kesehatan matra dengan Perhatian Utama pada Kesehatan Lapangan pada tahun 2024”

Selain itu juga, sudah terjalin kerjasama antara Universitas Alkhairaat dengan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI.

“Ini adalah implementasi dari visi Pendidikan Matra dan MoU yang sudah kami bangun dengan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI,”jelasnya. (RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares