Dokter Muda Unisa Kuasai Kesehatan Matra

Dokter Muda Unisa Kuasai Kesehatan Matra

PALU- Dekan Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairat (Unisa), dr. H.A Mukramin Amran mengatakan, kualitas alumni Fakultas Kedokteran Unisa tidak diragukan lagi, mereka menguasai pendidikan kesehatan matra,bahkan secara khusus tertuang dalam kurikulum blok kebencanaan dan dipraktekkan langsung di masyarakat.

Hal itu dikemukakan H.A. Mukramin saat pengambilan sumpah tujuh dokter muda FK Unisa Palu, di aula Ibnu Sina Fakultas Kedokteran Unisa Palu. Sabtu (28/12/2019).

Ia melanjutkan, sesuai visi fakultasnya, pembelajaran memfokuskan pada pendidikan kesehatan matra, dari tiga bidang yang tertuang pada pendidikan matra, fakultas yang dipimpinnya itu fokus pada dua bidang, yakni darurat bencana alam dan bidang Haji.

“Lulusan Fakultas Kedokteran Unisa Palu, sudah tentu memiliki kemampuan ini, dan diharapkan terus mengembangkannya saat berada ditengah masyarakat,”katanya.

Pada kesempatan itu, dr. Amran juga mengingatkan kepada para lulusan FK Unisa, bahwa sumpah dokter mengandung tanggungjawab moral dan kode etik yang harus dijunjung tinggi, tidak hanya seremoni, namun melekat sepanjang profesi dokter itu dijalankan.

“Berhati-hatilah dalam menjalankan karir dan profesi anda, karena ada nilai moral dan kode etik yang melekat pada diri anda,” pesan Amran.

Di tempat yang sama, Rektor Unisa Palu, Dr. Umar Alatas, mengucapkan selamat kepada ketujuh lulusan Fakultas Kedokteran Unisa tersebut, ia berharap, ilmu yang mereka peroleh di fakultas kedokteran terus dikembangkan, karena bukan proses belajar tidak berhenti hingga akhir hayat.

Ia juga berharap tujuh dokter yang dikukuhkan itu tidak berpuas diri deng6 gelar yang baru diraih, karena perjalanan masih panjang. Karena sesungguhnya proses belajar baru dimulai saat ketujuh dokter muda itu menjalankan tugasnya di tengah-tengah Masyarakat, baik di rumah sakit maupun dipusat kesehatan yang sudah ditentukan atau saat masyarakat membutuhkan saat terjadi bencana dan lain sebagainya.

Rektor juga menitipkan pesan kepada para dokter muda itu untuk mempraktekkan nilai-nilai kealkhairatan yang telah diajarkan oleh pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua), dipraktekkan dalam aktifitas keseharian yakni nilai-nilai kebaikan.

“Pergilah mengamalkan ilmu, jaga marwah Alkhairaat. Jadilah teladan yang baik bagi adik-adikmu, tanamkan rasa cinta dan persaudaraan seperti yang dicontohkan Guru Tua,” Tutup Rektor. RL

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares