Mahasiswa Unisa Kursus Kepemiluan di KPU Kota Palu

Mahasiswa Unisa Kursus Kepemiluan di KPU Kota Palu

Palu- Mahasiswa Universitas Alkhairaat (Unisa), mengikuti Kursus Kepemiluan, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Palu. Rabu, (04/12), di Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Palu.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr. Ahmadan mengatakan, mahasiswa yang mengikuti kursus kepemiluan itu berasal dari sejumlah Fakultas dan Program Studi di Unisa, antara lain, Fakultas Agama Islam (FAI) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pantauan Media ini di Rumah Pintar Pemilu (RPP), KPU Kota Palu, mahasiswa terlihat antusias mendengarkan materi kepemiluan dari Komisioner KPU Kota Palu, Idrus, yang memaparkan, Pengenalan Organisasi KPU Kota Palu, Siklus Pemilu, Prinsip Partisipasi di Pilkada 2020, Memilih secara Cerdas serta membangun Kemitraan untuk sosialisasi Pilkada oleh Komunitas.

Idrus mengatakan, kursus kepemiluan yang diikuti sejumlah perguruan tinggi secara bergilir dirumah pintar pemilu KPU Kota Palu itu selalu mendapat pertanyaan kritis dari Mahasiswa, tidak terkecuali mahasiswa Unisa yang mempertanyakan laporan cepat kualitas DPT, transparansi kegiatan pilkada, pengawasan atas kinerja adhoc, pelanggaran kampanye, golput, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, dll.

” Semua pertanyaan dan harapan mahasiswa itu kami catat, untuk perbaikan kualitas pemilu yang berkualitas dan berintegritas,” kata Idrus.

Idrus berharap, para alumni kursus kepemiluan dapat menjadi mitra KPU Kota Palu menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat dan mahasiswa di kampusnya masing-masing.

Ia melanjutkan, mahasiswa atau alumni kursus kepemiluan memastikan dirinya dan masyarakat terdaftar dalam DPT, partisipasi pada pra,saat dan pasca pemilu/pilkada, aktif memberikan masukan dan saran atas tahapan pemilu atau pilkada, serta menghindari golput saat Pilkada 2020,

Menurutnya, pilar sukses pilkada 2020, terletak pada penyelenggara berintegritas, pemilih yang cerdas memilih dan partisipatif, stakeholders yang proaktif melakukan masukan serta saran atas tahapan pilkada. Termasuk peserta pilkada yang taat aturan.(RL)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares