Dosen FKIP Unisa Temukan Alper dengan Sentuhan Teknologi

Dosen FKIP Unisa Temukan Alper dengan Sentuhan Teknologi

Palu-wartakiat | Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Alkhairaat (Unisa), Wahyuni H. Mailili berhasil menemukan atau mendesain alat peraga pembelajaran matematika berbasis teknologi.

Temuannya itu langsung dipraktekkan oleh guru binaannya yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Lompeta Singgani Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala di SDN 8 Labuan.

Suksesnya kegiatan itu juga tidak terlepas dari bantuan dana hibah dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) yang diperolehnya melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bersumber dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2019.

“desain alat peraga pembelajaran matematika dengan sentuhan teknologi yang saya temukan ini berupa alat peraga garis bilangan bulat penjumlahan dan pengurangan, corong berhitung dan jam sudut,” katanya pada wartakiat.com saat mendampingi para guru di SDN 8 Labuan, Kamis, (30/1).

Lisman, salah seorang guru senior di SDN 8 Labuan mengaku sangat terbantu dengan adanya alat peraga itu

” Dengan alat peraga ini sangat membantu sekali pak, anak-anak mudah mengerti kalau menggunakan alat peraga, misalnya alat peraga garis bilangan bulat penjumlahan dan pengurangan siswa cepat sekali mengerti, berbeda dengan tidak menggunakan alat peraga siswa sulit sekali diberikan pemahaman,” katanya.

Hal itu juga diakui oleh guru lainnya, Nurtin dan Lis Anizar yang mempraktekkan penggunaan corong berhitung warna warni. Menurutnya alat peraga itu sangat membantu mereka dalam proses belajar mengajar.

Kedua guru itu juga meraih prestasi membanggakan dalam sebuah iven lomba alat peraga yang baru-baru ini diselenggarakan ditingkat Provinsi.

“alhamdulilah teori dan praktek yang kami berikan saat workshop, benar- benar diikuti dengan baik oleh para guru, contohnya dua guru SD di Labuan bisa menjadi terbaik pertama,”kata Wahyuni

Kepala Sekolah SDN 8 Labuan, Asniar berterimakasih kepada Dosen FKIP Unisa.

“ilmu yang telah diberikan oleh dosen FKIP Unisa sangat besar manfaatnya dirasakan oleh para guru, khususnya yang telah mengikuti,” katanya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan Jurnal Guru Tua kepada dua orang guru atas nama Lisman dan Ofan yang telah menulis di jurnal yang diterbitkan FKIP Unisa.

 

(rl)

Wartakiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares