Pesan Almamater Rektor, Prestasi yang diraih Bukan Keberhasilan Pribadi

Pesan Almamater Rektor, Prestasi yang diraih Bukan Keberhasilan Pribadi

Palu-wartakiatΙ Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa), Dr. Umar Alatas, S.Pi.,M.Si mengatakan, keberhasilan yang diraih oleh wisudawan-wisudawati Unisa bukanlah keberhasilan individu, melainkan  keberhasilan kolektif. Hal itu disampaikan Rektor dalam Pesan Almamaternya pada wisuda Sarjana Strata Satu (S1) ke-XXX dan Profesi Dokter ke-VII tahun 2020 bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran, Rabu, (23/12).

Keberhasilan itu kata Rektor, di dalamnya mencakup do’a yang tak putus dari orang-orang terkasih, cucuran keringat bercampur air mata sebagai wujud kerja keras orang tua, serta pengabdian tulus dan ikhlas pada almamaternya.

Secara khusus Rektor juga meminta hadirin mengirimkan Surah Alfatihah kepada salah seorang calon wisudawan atas nama Rosna, S.Pd dari Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam yang menghembuskan nafas terakhir beberapa hari sebelum pelaksanaan wisuda.

Pada bagian lain, Rektor Umar Alatas juga menyampaikan, hampir satu tahun lamanya, sebagian masyarakat berada dalam situasi yang tidak biasa, imbas dari pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat kata Rektor, bekerja dari rumah (work from home). Namun dia meminta dimasa pandemi saat ini tetap produktif, namun tetap  meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid-19 bisa diputus mata rantainya dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, memakai masker,  mencuci tangan dan menjaga jarak.

Rektor mengatakan, harus diakui bahwa Covid-19 secara tidak langsung telah membangun kesadaran perlunya metode pembelajaran yang inovatif dan proses belajar mengajar tidak hanya terpaku pada fisik dan lokasi. Dosen dan mahasiswa, lanjut Rektor, perlu bermitra dengan konektivitas jaringan sehingga tidak lagi gagap teknologi.

“Salah satu hikmah dibalik covid-19 adalah terjadinya perubahan mindset yang drastis terhadap pentingnya informasi teknologi, khususnya dalam pembeajaran,” ungkap Rektor

Rektor melanjutkan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini, telah membawa perubahan yang sangat pesat dalam berbagai aspek kehidupan. kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Menurut Rektor, Universitas Alkhairaat segera berbenah diri menyambut kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Penulis: Ridwan Laki

Ridwan Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares